Penerapan Metode Scramble Wacana dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Cikalang

Authors

  • Putri Salma N Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru
  • Ridwan Sutisna Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Cibiru

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1798

Keywords:

Metode pembelajaran, Scramble wacana, Membaca pemahaman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran scramble wacana terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Cikalang. Penelitian ini dilakukan di SDN Cikalang pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan design the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Cikalang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata (posttest) kelas eksperimen 76 dan kelas kontrol 56,7. Dan untuk uji hipotesisnya menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai thitung 2.991> ttabel 2.787 dengan taraf signifikan (α) 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa “Terdapat peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Cikalang melalui penerapan metode scramble wacana.”

References

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573-5581. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3298

Dewi, S. M., Prawiyogi, A. G., Anwar, A. S., & Wahyuni, C. S. (2021). Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 453–455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.786

Elisabeth, L. R. (2020). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran scramble wacana pada siswa kelas IV. Didaktika Dwija Indria, 8(5). https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/40002

Fahrurrozi, Aprilentina, Anwar, M., & Wicaksono, J. W. (2020). Penggunaan Metode CIRC pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Buana Pendidikan, 16(30), 173–182. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/

Gunarwati, R., Hamdani Maula, L., & Nurasiah, I. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berbasis Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Janacitta: Journal of Primary and Children’s Education, 4(2), 18–27. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan membaca permulaan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. AKSARA Jurnal Bahasa dan Sastra, 11.

Hidayati, N. (2021). Metode Pembelajaran Sramble. Pekalongan : NEM.Hurlock, E. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Johan, G. M., & Ghasya, D. A. V. (2018). Pengembangan Media Literasi Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Tunas Bangsa (Vol. 5, Issue 2)

Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif Pedoman untuk Penelitian PTK dan Eksperimen. Gowa: Cv. Berkah Utami.

Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2018). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa SMAN 1 Bluluk Lamongan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1–11. https://core.ac.uk/download/pdf/2290 20759.pdf.

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.

Marlini, C., & Simatupang, Y. J. (2017). PENERAPAN TEKNIK SCRAMBLE WACANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN 32 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa, 4(2), 211-228. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/644

Rahmawati, S., Rohman, K. F., & Pangestika, R. R. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Menumbuhkan Pemahaman dan Keaktifan Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 287

Santoso, Sulikhah, & Utomo, S. (2020). Pengaruh Teknik Survey Question Read Reflect Recite Review (Sq4R) Dan Teknik Skema Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sd Negeri Kelas Iii Di Kecamatan Karanganyar Demak. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 365–385. Https://Doi.Org/10.24176/Kredo.V3i2.4752

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Putri Salma N, & Ridwan Sutisna. (2023). Penerapan Metode Scramble Wacana dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Cikalang. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 68–78. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1798

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.