Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbasis Steam Dan Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak

Authors

  • Kustiana dewi TK Intan Permai Mranggen Demak

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1451

Keywords:

Pembelajaran Inkuiri, Steam dan Loose Parts, Kemampuan memecahkan masalah

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun Kelompok B2 di TK Intan Permai masih tergolong rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru kurang memaksimalkan penggunaan loose part, keaktifan belajar anak ada pada kategori kurang. Hal ini disebabkan selama pembelajaran guru kurang dapat memberikan stimulasi secara tepat terhadap arah perkembangan kognitif khususnya pada aspek pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran inkuirui berbasis steam dan loose parts dapat meningkatkan  kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di TK Intan Permai Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan metode Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu (rencana, tindakan, observasi dan refleksi). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus sebanyak 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan deskripsi statistik untuk membandingkan pra siklus sampai siklus II. Tahap tahap analisis kualitatif adalah reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pemecahan masalah melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbasis Steam dan Loose Parts dengan skor pada pra siklus 22,4 meningkat menjadi 42,9 pada siklus I, dan mengalami peningkatan sebesar 69,8 pada siklus II dengan kategori berkembang sangat baik.

References

Annisa, M. A. P. C. W., & Febriastuti, R. (2021). “ Implementasi Pendekatan Pembelajaran Steam Berbahan Loose Parts Dalam Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 Pada Anak Usia Dini”, ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118-130.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Auliyalloh, A. Q., & Rakhman, A. (2020). Media Pembelajaran Steam Untuk Meningkatkan Kreativitas Berbahan Loose Parts Di Kelompok B Tk Kasih Ibu. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 553-558.

Azizah, S., Munawar, M., & DS, A. C. 2020. “Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57-71.

Barlian, E. (2018). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif.

Farhati Inti. 2020. Ide Perencanan Pembelajaran berbasis STEAM. Jakarta: Bastari.

Farida Rohayani. 2018. “Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Pendidikan Anak Usia Dini”, Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume. 3 No. 1. Maret 2018.

Holis, Ade. 2016. “Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Volume. 09; Nomer. 01; Tahun 2016; Page 23-37.

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui motode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263-278.

Kadijah. 2016. Pengembanagan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kemendikbud. 2018. Model Penerapan STEAM untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Ungaran: PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah.

Khiyarusoleh, U. 2016. “Konsep dasar perkembangan Kognitif Pada Anak menurut Jean Piaget”, Jurnal Ujang Khiyarusoleh. VOL. 5 NO. 1 MARET 2016ISSN: 2089- 3876.

Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. 2020. “Penerapan Bermain Loose Parts untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun”, PEDAGOGIKA Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 104-115.

Mufarokah, Anissatul. 2013. Strategi Dan Model-Model Pembelajaran. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press.

Muniroh Munawar. “ 2019. Implementation Of Steam (Science Technology Engineering Art Mathematics) - Based Early Childhood Education Learning In Semarang City”. Jurnal Ceria. Vol: 2, No: 5, 2019.(https://core.ac.uk/download/pdf/235260296.pdf, 11 Desember 2020).

Najamuddin, N., Fitriani, R., & Puspandini, M. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini”, Jurnal Basicedu, 6(1), 954-964.

Novitasari, Y. 2018. “Analisis Permasalahan" Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”, PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90.

Nur Alim Amri. 2017. “Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Pemecahan masalah) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober 2017 e-ISSN: 2549-9114 dan p-ISSN: 2549-9203.

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan kognitif anak usia dini dalam pembelajaran akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 42-50.

Padilah. 2018.”Peningkatan Kreativitas Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri”, Jurnal Paud. VOL 1 NO.1 September 2018.

Pratiwi, Lire. 2019. “Penggunaan Pendekatan Steam Pada Kegiatan Paud Untuk Melatih Kreativitas Anak”, Jurnal of early chillhood Islamic Education.

Suyadi. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rurdakarta.

Titania Widya Prameswari. 2020. “STEAM Based Learning Stretegis by Playing Loose Parts for the Achievement of 4C Skills in Children 4-5 Years”, Jurnal Universitas Nusantara PGRI Kediri. Volume 07, No 01.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Kustiana dewi. (2023). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbasis Steam Dan Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak . Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 74–90. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1451

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.