TELAAH KELAYAKAN ISI BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SD KELAS I KARYA MUHAMMAD NURZAKUN DAN JOKO SANTOSO TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.877Keywords:
Telaah, kelayakan isi, buku teks.Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk memaparkan kelayakan isi pada aspek kesesuaian materi, keakuratan materi, dan materi pendukung pembelajaran buku Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas I Karya Muhammad Nurzakun dan Joko Santoso berdasarkan BSNP. Penelitian ini merupakan jenis riset kepustakaan (library research). Adapun penelitian dalam hal ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data bersifat kepustakaan atau berasal dari berbagai literatur. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas I Karya Muhammad Nurzakun dan Joko Santoso Tahun 2021. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai buku yang relevan, website, dan hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode dokumentas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian yang didapat berdasarkan analisis yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa pada buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas I Tahun 2021 termasuk dalam kategori sangat layak. Dari ketiga komponen kelayakan isi buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas I Tahun 2021, semuanya dapat dikategorikan buku teks ini sangat layak. Dengan begitu, buku teks tersebut bisa menjadi sumber buku ajar yang baik bagi guru maupun peserta didik.
Downloads
References
Ajat Rukajat, 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish
Dacholfany, M.I, 2015. Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi: Sebuah Tantangan dan Harapan. Jurnal Akademika. Vol. 20, No. 01. Universitas Muhammadiyah Metro Lampung
Depdiknas, 2008. "Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23, dan 24 Tahun 2006". https://123dok.com/document/yjmrv05y-peraturan-menteri-pendidikan-nasional-republik-indonesia-nomor-tentang.html
Djaelani, H.M.S, 2013. Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah WIDYA. STIAKIN.
Faridah, N. 2018. Analisis Buku Teks Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2016. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan PAI. IAIN Salatiga.
Junaidi, A. 2021. Kurikulum Merdeka: Ide untuk Sekolah-Sekolah Indonesia di Dunia Pasca Pandemi. Jurnal. Universitas Mataram
Khoiriyah, S. 2016. “Analisis Isi buku teks Pendidikan Agama Islam Dan Budi pekerti SMP Kelas VII (Perspektif Psikologi Perkembangan Peserta Didik)”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga.
Muhammad Ridho Pradita. 2018. Kelayakan Isi Dan Bahasa Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas Viii Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Penerbit Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jurnal. Universitas Negeri Medan
Muna, A.R. 2020. "Analisis Materi Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX MTs Terbitan Kemenag Dalam Kurikulum 2013." EDISI 2.1. Jurnal Edukasi dan Sains. Universitas Muhammadiyah Malang.
Novianto, A. 2015. Analisis buku teks muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45 (1).
Nurzakun, M. Santoso, J. 2021. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Nur'Aini, S. 2021. Pola pendampingan belajar anak usia dini oleh orangtua dalam pelaksanaan kurikulum darurat pada masa pandemi Covid-19 di TK Cahaya Bunda Barengkrajan Kec. Krian Kab. Sidoarjo. Doctoral dissertation. UIN Sunan Ampel Surabaya).
Permendiknas, 2008. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permendiknas2-2008Buku.pdf
Pradita, M. R. 2018. Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Thesis. UNIMED.