Urgensi Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Utama Dalam Menciptakan Sekolah Berkarakter

Authors

  • Fadhilah Hafidz Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ida Farida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Putri Kiki Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1502

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pendidik dan Peserta Didik, Sekolah Berkarakter

Abstract

Dibuatnya artikel ini memiliki tujuan agar kita bisa tahu bagaimana pentingnya pendidikan karakter dalam menciptakan sekolah berkarater. Dalam menjalankan roda pendidikan, seperti yang diketahui peranan penting, dan tentunya didukung dengan fasilitas guru yang berkompeten juga. Kendala pendidik dalam menciptakan sekolah berkarakter yaitu sekolahnya belum mampu memilih terkait nilai karakter didalam menyesuaikan terhadap visi serta tujuan untuk melakukan berbagai hal yang terbaik, indikator yang representatif, pengembangan atau pembentukan karakter jni penting dan perlu diyakini untuk menjadi pijakan dalam penyelenggaraan pendidikan kembangkan disekolah. Tentunya hambatan ini perlu diselesaikan satu persatu supaya apaa yang mejadi tantangan dan hambatan dalam menciptakan sekolah yang berkarakter ini kedepannya bisa diperbaiki sehingga generasi bangsa ini memiliki kualitas sumber daya manusia yang berkompeten dalam setiap masing masing bidangnya. Dalam penelitian kali ini menggunakan metode kualitatif, data sekunder, data yang diambil berdasarkan studi literatur yang meliputi buku - buku, jurnal - jurnal , makalah-makalah, serta studi literatur - literatur lain yang tentunya membahas mengenai pendidikan karakter. Proses-proses baik itu analisis data-data berupa reduksi data-data serta display data-data, pemverifikasi dan berbagai penarikan kesimpulan-kesimpulan yang tentunya sudah jelas kebenarannya. Berdasarakan data hasil dari penelitian yang telah kami lakukan dapat disimpulkan bahwasannya pentingnnya pendidikan karakter dalam mengembangkan sekolah berkarakter.

References

Affandi, I. (2020). Pembentukan karakter anak sejak dini melalui dongeng calon arang oleh Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 197- 216. DOI: https://doi.org/10.- 21831/jpk.v10i2.31973

Fathoni, Efendi A. (2015). Nilai karakter dalam novel Biografi ‘Hatta: Aku Datang karena Sejarah’. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1),14-32. DOI: https://doi.- org/10.21831/jpk.v10i1.31269.

Gramedia blog. Pengertian karakter: unsur, pembentukan dan nilai. Diakses pada 9 Maret 2023 melalui https://www.gramedia.com/literasi/karakter/

Hardiyana, S. (2014). Pengaruh Guru PKn Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. JURNAL ILMIAH PPKn IKIP VETERAN SEMARANG, 2(1), 54–64.

Juhji. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.

Kurniawan. S (2017). Pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru Riadi, Muchlisin. (2017). Nilai, Tujuan, Fungsi dan Prinsip Pendidikan Karakter.

Saleh. M (2022). Pentingnya pendidikan karakter dalam meningkatkan intelektualitas siswa disekolah. Diakses pada 9 Maret 2023 melalui https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pentingnya-pendidikan-karakter- dalam-meningkatkan-intelektualitas-siswa-di-sekolah/

Sudrajat, Ajat. (2011). Mengapa pendidikan karakter. Yogyakarta;UNY

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Fadhilah Hafidz, Ida Farida, Putri Kiki Lestari, & Ratna Sari Dewi. (2023). Urgensi Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Utama Dalam Menciptakan Sekolah Berkarakter. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 237–250. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1502

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)