Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Sekolah Luar Biasa (SLB) Dalam Menggunakan Media

Authors

  • Sentikhe Tumanggor Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Putri Amelia Siahaan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Jansen Surya Aruan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Wina Witara Sitorus Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Ita Selviana Manik Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Yusnita Simare-mare Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Maria Widyastuti Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.873

Keywords:

Sekolah Luar Biasa ( SLB), Media Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini dilakukan agar kita dapat memahami tentang Sekolah Luar Biasa (SLB) apa itu pengertian dari Sekolah Luar Biasa dan  media pembelajaran seperti apa  yang digunakan para tenaga pengajar disana untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang tentunya  Pendidikan Luar Biasa atau Sekolah Luar Biasa(SLB)  merupakan  pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam  mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental sosial, tetapi memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa (suparno, 2007: 97). Dalam Encyclopedia of Disabilitytentang pendidikan luar biasa dikemukakan sebagai berikut: “Special education means specifically designed instruction to meet the unique needs of a child with disability”. Pendidikan luar biasa berarti pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan yang unik dari anak kelainan fisik.Setiap anak memiliki latar belakang kehidupan budaya dan perkembangan yang berbeda-beda, dan setiap anak dimungkinkan akan memiliki kebutuhan khusus serta hambatan belajar yang berbeda beda pula, sehingga setiap anak sesungguhnya memerlukan layanan pendidikan yang disesuiakan sejalan dengan hambatan belajar dan kebutuhan masing-masing anak, seperti halnya dengan anak berkebutuhan. Pada Anak Berkebutuhan Khusus penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan. Sebab mereka merupakan anak-anak yang relatif mengalami hambatan dalam perkembangannya. Penggunaan media belajar yang melibatkan keaktifan siswa akan lebih mempermudah proses belajar mengajar karena mampu membantu daya ingat siswa terhadap materi yang dipelajari oleh anak berkebutuhan khusus dengan kemampuan yang kita miliki. Betapa pentingnya peran dari media pembelajaran dalam membantu para anak berkebutuhan khusus dalam memahami materi pelajaran. Sehingga mereka yang mengalami kebutuhan khusus dapat merasakan seperti apa yang dirasakan oleh anak-anak yang normal dan materi pelajaran yang diterima dapat diserap sempurna oleh siswa.

References

Nuraini. Jejak Pendidikan. Pengertian Sekolah Luar Biasa

Muhammad Luqman Hakim. (2020). Multimedia Interaktif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3 (1),0-0.

Triwidia Oktavia Putri. Penggunaan Media Pembelajaran Benda Disekitar Anak Terhadap Kemampuan Membandingkan Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Tunarungu Kelas II SLB D. Jurnal Pendidikan Khusus.

Sulung Yanuar Anugerah, Saida Ulfa, Arafah Husna.(2020). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT INDONESIA (BISINDO) UNTUK SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 7(2) ,76-85.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Sentikhe Tumanggor, Putri Amelia Siahaan, Jansen Surya Aruan, Wina Witara Sitorus, Ita Selviana Manik, Yusnita Simare-mare, & Maria Widyastuti. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Sekolah Luar Biasa (SLB) Dalam Menggunakan Media. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.873

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.