Penerapan Supervisi Kelas Bersahabat Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Kelas Di SDI Bidara

Authors

  • Agustinus Rangga SDI Bidara, Kab. Sikka – Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1469

Keywords:

Supervisi, Kualitas Pembelajaran, Guru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang datang dan pulang tidak tepat waktu, guru masih menggunakan pembelajaran konvensional, guru tidak membuat perangkat pembelajaran dan kualitas pembelajaran masih rendah. Tujuan khusus dari kegiatan PTS ini adalah untuk: a) Meningkatkan pemahaman guru dalam mengembangkan PAIKEM; b) Meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan PAIKEM; dan c) Meningkatkan disiplin guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik. Adapun manfaat dari kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, antara lain: a) bagi guru, kemampuan menerapkan PAIKEM akan memberi kemudahan dalam melaksanakan tugas mengajarnya, karena yang lebih aktif adalah siswa, sedangkan guru akan lebih banyak berperan sebagai fasiliator; b) bagi siswa, dengan penerapan pendekatan PAIKEM akan termotivasi semangat belajarnya sehingga akan menambah keberanian untuk bertanya, menjawab, melakukan sesuatu tindakan yang berpola terstruktur, menemukan dan mengembangkan ide-ide baru, sehingga aktivitas dan antusias belajar siswa lebih meningkat. Dengan demikian melalui supervisi yang lebih bersahabat terhadap guru kelas di SDI Bidara diperoleh hasil sebagai berikut :(a) Kedisiplinan guru dalam melaksanakan tugas kedinasan semakin meningkat, (b) Penyusunan perangkat pembelajaran meningkat dari 64,29% pada siklus I menjadi 83,86% pada siklus II. (c) Pada pelaksanaan proses pembelajaran meningkat dari 60,91% pada siklus I menjadi 82,73% pada siklus II. Dengan demikian hasil siklus II sudah menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran yang diharapkan yakni melebihi indikator 80%.

References

Dirjen PMPTK, 2009. Bahan Belajar Mandiri Program Bermutu KKKS Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta: Depdiknas

Glikman, C.D., Gordon, S.P., & Gordon, J.M.R. 2007. Supervision and Instructional Leadrship A Developmental Approach. Seventh Edition. New York: Pearson Education, Inc.

http://apakabarpsbg.wordpress.com/2008/05/21/teknik-baru-supervisi-kelas-yang-lebih-bersahabat/

http://krisna1.blog.uns.ac.id/2009/10/19/pengertian-dan-ciri-ciri-pembelajaran/

Kemmis and McTaggart (1994) The Action Research Planner, Dekain University

Purwadinata, 1967. Pengajaran di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Agustinus Rangga. (2023). Penerapan Supervisi Kelas Bersahabat Guna Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Kelas Di SDI Bidara. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 156–169. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1469

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.