EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN MEDIA BACAAN DALAM MATERI ALJABAR DI SMAN 1 CISARUA

Authors

  • Anida Nurlatifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Khuzaimah Fadillah Rachman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nazwa Arani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Arif Rahmatullah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Raihan Dzakwan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.906

Keywords:

Metode Pembelajaran, Media Bacaan, Media Video Animasi.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membandingkan pemahaman siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan serta mengetahui kelebihan dan keunggulan dari masing-masing media dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Cisarua. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah metode eksperimen, yang berbentuk intact group comparison. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Cisarua sebanyak 30 orang di kelas berbeda dengan materi ajar yang sama. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif atau analisis statistik.. Berdasarkan hasil pengamatan lapangan metode yang disampaikan adalah metode pembelajaran menggunakan media bacaan dan media video animasi. Pada saat eksperimen metode pembelajaran yang menggunakan media video animasi lebih unggul dibandingkan menggunakan media bacaan. Penggunaan metode yang menggunakan video animasi menghasilkan nilai rata-rata kelas yang memenuhi standar ketuntasan sekolah. Sedangkan penggunaan metode video bacaan menghasilkan nilai rata-rata kelas yang tidak memenuhi standar ketuntasan sekolah.

References

Afif, Nur.2019. Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al- Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 2(1). pp. 117-129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Ahmadiyanto.2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas VII C SMP. Jurnal Kependidikan Kewarganegaraan,

Anggraeni, N. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS5 untuk SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Pendidikan Administrasi Perkantoran - Fakultas Ekonomi, Yogyakarta.

Ardana.2001.Pengembangan Model Kooperatif Individual Berwawasan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.Skripsi.Singaraja:STKIP

Arief S, Sadiman, (dkk). 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Arnab. 2017. Towards a trans-disciplinary methodology for a game based intervention process. Educ.Technol,48(2) pp. 279–312. https://doi.org/10.1111/bjet.12377

Arsyad, A.2011. Media pembelajaran. PT. Raja Grapindo Persada. Jakarta.

Cahyani, F. D. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jambi.

Djamarah, Syaiful B. dan Aswan Zain. 2010 . Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Emda, A. 2018 . Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172.

Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4 (1), 104-117.

Firdiana,W.2020.Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Moodle Dimasa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas

Hidayah, W. N. 2021. Pengaruh Video Animasi Virus Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Lintas Minat . EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(2), 24–29. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/415

Sugiyono. 2019 . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung:Alfabeta Bandung.

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Anida Nurlatifah, Khuzaimah Fadillah Rachman, Nazwa Arani, Muhammad Arif Rahmatullah, & Raihan Dzakwan. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN MEDIA BACAAN DALAM MATERI ALJABAR DI SMAN 1 CISARUA. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 231–243. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.906

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.