Penggunaan Media Gambar Sederhana Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips Tentang Sumber Daya Alam Kelas IV SDI Waioti

Authors

  • Maria Anastasia Neto SDI Waioti, Kab. Sikka – Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1450

Keywords:

media Gambar sederhana, hasil belajar, Sumber Daya Alam

Abstract

Pembelajaran IPS di kelas IV yang selama ini dilakukan guru merupakan cara pembelajaran yang konvensional. Selama pembelajaran berlangsung guru memegang otoritas penuh, sedangkan siswa hanya pasif saja. Dengan pembelajaran yang seperti itu menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merasa perlu mengadakan perbaikan pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS  tentang Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SDI Waioti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Waioti Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka dengan jumlah siswa 24 yang terdiri 14 siswa laki-lakidan 10 siswa perempuan. Berdasarkan hasil belajar siswa pada pra siklus  terdapat 21 siswa yang belum memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal ( KKM ), persentase ketidaktuntasan belajar 87,5 %. Pada Siklus I terdapat 13 siswa yang belum memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal ( KKM ), prosentase ketidaktuntasan belajar 54,16 % sedangkan pada siklus II terdapat 1 siswa yang belum memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal ( KKM ) prosentase ketidaktuntasan belajar 4,16 %. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru kelas IV agar menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPS di kelas, sehingga dalam pembelajaran IPS siswa lebih aktif belajar dan hasil belajar siswapun meningkat.

References

Anita, Sri, dkk. StrategiPembelajaran di SD PenerbitUniversitas Terbuka Jakarta

Abdulhak, I. ( 2000 ) Pengantar Pendidikan PenerbitUniversitas Terbuka Jakarta

DuriAndriani, dkk. MetodePenelitianPenerbitUniversitasterbuka Jakarta

Din Wahyudi, dkk. Pengantar Pendidikan PenerbitUniversitas Terbuka Jakarta

Hatima, I. ( 2003 ) Strategi Dan MetodePembelajaranPenerbitUniversitas Terbuka Jakarta

Igakwardani, Kurwarya Lihardit. Penelitian Tindakan Kelas Penerbit Universitas terbuka Jakarta

Sudjana, D. ( 2000 ) Strategipembelajaran, Bandung Falah Production

Wardani, Igak, dkk. 2009 Prospektif Pendidikan Di SD Penerbit Universitas Terbuka Jakarta

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Maria Anastasia Neto. (2023). Penggunaan Media Gambar Sederhana Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips Tentang Sumber Daya Alam Kelas IV SDI Waioti. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 60–73. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1450

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.