PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTSN 2 PASAMAN BARAT

Authors

  • Ike Dian Fitri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fenny Ayu Monia UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.907

Keywords:

Powerpoint Learning Media, Learning Outcomes, History of Islamic Culture

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bersama guru mata pelajaran SKI yang bernama Bu Zuheni, S.Ag di MTsN 2 Pasaman Barat yang ditinjau dari nilai pre test dengan nilai post test pada materi pokok Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW di Madinah tahun pelajaran 2022/ 2023. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII.2, VII.3, VII.4. Sementara sampel yang digunakan dalam penelitian ini simple random sampling, adapun kelas yang terpilih yaitu kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan VII.3 sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 soal yang sudah diuji validitas menggunakan rumus korelasi point biserial dan reliabilitasnya menggunakan rumus KR-20 (kuder Richardson- 20). Untuk uji Prasyarat analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, menggunakan rumus Chi Kuadrat dan Uji-F. Teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t Poled Varians. Adapun hasil penelitian diperoleh adanya pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar SKI Siswa di MTsN 2 Pasaman barat.

References

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Astuti, Alfira Mulya. 2016. Statistika Penelitian. Mataram: Insani Madani Publishing

Elpira, Nira. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 2 No.1

Mudhoffir. 2012. Fungsi Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Media Pembelajaran, (Online), No. 11

Munir, M.IT. 2015. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Purwanto, Erwan Agus Dan Dyah Ratih Sulistyaastuti. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Gava Media

Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Siregar, Sofiyan. 2014. Statistic Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Bumi Aksara

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Surabaya : Media Centre, Bab 1

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Ike Dian Fitri, & Fenny Ayu Monia. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTSN 2 PASAMAN BARAT. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 244–255. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.907

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.