PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII MAN 3 PADANG PANJANG
DOI:
https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.897Keywords:
media sosial, hasil belajar matematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: menguji dampak penggunaan media sosial siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII MAN 3 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 3 Padang Panjang. Sampel penelitian terdiri dari 39 siswa yang dipilih melalui random sampling. Variabel yang diamati adalah: 1) Media sosial merupakan variabel bebas; (2) Hasil belajar merupakan variabel terikat. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang dampak media sosial, dan hasil belajar matematika MID tahun pelajaran 2022/2023 digunakan untuk mendokumentasikan hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan: Media sosial memiliki dampak yang dapat diabaikan terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
A, M. Sardiman.2014.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Anisa,. Ernawati. 2020. Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Negeri Di Kota Makassar . Jurnal Binomial .3 ( 1 ) , 39-48.
Joy Maranatha Tarigan,. Tritjahjo Danny Soesilo, .Sapto Irawan. 2019.Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Instagram) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Konseling Andi Matappa .3 ( 2 ) ,81-88
Sekar,Ayu Sari. 2019. Pengaruh media sosial internet terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Frater Palopo.Jurnal Sinestesia. 9(2),56-64
Suryaningsih, A. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 335-344.