HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMPEK ANGKEK

Authors

  • Yusnia Istikamah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iltvia Iltvia UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Rosnidar Rosnidar SMP Negeri 1 Ampek Angkek

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.935

Keywords:

self-efficacy, hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui hubungan self-efficacy dengan hasil belajar metematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Populasi berasal dari siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek dan diperoleh danpel sebanyak 31 siswa. Data diperoleh dengan mengumpulkan data dari kuesioner atau angket  tentang self-efficacy dan nilai HPTS untuk hasil belajar matematika siswa. Analisis data menggunakan uji asumsi, uji normalitas, uji linieritas dan uji korelasi Pearson Product Moment. Data analisis menggunakan teknik analisis tersebut menghasilkan ” self-efficacy berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa”. Menghasilkan kor  r = 0,528 dan p = 0,002 < 5%. Nilai dari self-efficacy 54% yang diperoleh dari 17 siswa  dengan kriteria “sangat kuat”, dan  hasil akademik dalam matapelajaran  matematika “sangat tinggi” dengan persentase 65% dari 20 siswa.

References

Ahriana dkk. (2016). Studi Analisis Hubungan Antara Self Efficacy dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Takalar. Jurnal Pendidikan Fisika,Universitas Muhammadiyah Makassar,4(2),224-238

Bandura, A. 1997. Self efficacy: The Exercise of Control.USA: W.H. Freemen dan Company.

Frank Pajares dan Dale H. Schunk.Self Efficacy Theory The Development of Academic Self Efficacy.

Handayani,F.(2013). Hubungan Self Efficacy Dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Character,1(2)

Joko,Febry. (2014).Pengantar Statistika Dasar. Bogor:IN MEDIA.

Majidah,dkk(2012). Korelasi Antara Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia Di Sma, Pendidikan Kimia

Moma,la.(2014). Self-Efficacy Matematik Pada Siswa SMP. Jurnal pendidikan matematika,3(2):Mosharafa

Pajares, F.& Schunk, D.H. (2001). Selfbeliefs and school success: Selfefficacy, Self-concept, and school achievement. In R. Riding & S. Rayner (Eds.), Perception (pp.239-266).

Santoso, S. (2000). Buku latihan SPSS statistik parametrik. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Yusnia Istikamah, Iltvia Iltvia, & Rosnidar Rosnidar. (2022). HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMPEK ANGKEK. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 288–300. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.935

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.