PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS III SDN BANYUANYAR 1 SAMPANG

Authors

  • Sulaiman Romadhon FIP Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1802

Keywords:

Hasil Belajar, PAI, Model Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Model Project Based Learning berpengaruh untuk dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi iman kepada malaikat kelas III di SDN BANYUANYAR 01. Penelitian ini dilakukan guna untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas III di SDN BANYUANYAR 01 dengan menggunakan Model Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan secara 2 siklus . peneliti menggunakan desain penelitian model Kurt Lewin . desain penelitian ini mempunyai 4 aspek yaitu : a). Perencanaan/Planning b). Tindakan/acting c). Pengamatan/Observing d). refleksi/Reflecting . Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN BANYUANYAR 01. Peneliti mengambil penelitian di kelas III pada mata pelajaran PAI SD. Sekolah ini terletak di JL. Mutiara, Kec. Sampang, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur. Siswa kelas III berjumlah sebanyak 15 siswa. Terdiri dari 8 siswi perempuan dan 7 siswa laki-laki. Pada penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa  kelas  III pada materi  Iman  kepada malaikat setelah diterapkannya model pjbl telah mengalami peningkatan. Jika   pada   pra   siklus   rata-rata   nilai   siswa   hanya   mendapatkan   nilai 72,4 (Cukup), maka pada siklus I telah meningkat menjadi 74.8 (Cukup), lalu ditingkatkan lagi untuk mencapai indikator kinerja menjadikan rata-rata nilai siswa  pada  siklus  II menjadi  88,6 ( Baik). dengan demikian, hasil yang diperoleh telah mencapai keberhasilan. dan diharapkan setelah adanya penelitian ini guru dapat menerapkan Model Project based learning pada pelajaran PAI materi Iman Kepada malaikat agar dapat menarik minat siswa serta dapat mengembangkannya menjadi pelajaran yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi Dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Bumi Aksara)

Kurniyanto, Rido dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. (Surabaya: Lapis PGMI)

Ananda Ulfisa. (2018). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIN 6 Aceh Selatan. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

H. Muchsan, S.Ag.dkk. Akidah akhlak kelas 3 MI, ( Jakarta: yudhistira, 2015)

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. (Bandung: Bumi Aksara)

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Sulaiman Romadhon, & Agung Setyawan. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS III SDN BANYUANYAR 1 SAMPANG. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 79–119. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1802

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.