Hubungan Motivasi Belajar Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan Pada MI Kecamatan Buayan
DOI:
https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1490Keywords:
Motivasi Belajar, Peran Orangtua, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran kewarganegaraan di MI Ma’arif Wonodadi. Dan mengetahui hubungan peran orang tua terhadap hasil belajar kelas IV siswa pada mata pelajaran kewarganegaraan di MI Ma’arif Wonodadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dan dalam pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Adapun skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala likert. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda dan pengujian hipotesis penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan yakni hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Wonodadi, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Istiqomah Karangbolong, dan Madrasah Ibtidaiyah Guppi Jladri menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki hubungan positif terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Artinya, semakin baik motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan maka akan semakin baik hasil belajarnya. Dan menunjukkan bahwa peran orang tua tidak memiliki hubungan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dimana responden adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Wonodadi, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Istiqomah Karangbolong, dan Madrasah Ibtidaiyah Guppi Jladri.
Downloads
References
Jurnal
Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia. Jurnal Kependidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980–993.http://ppjp.ulm.ac.id/jpournal/index.php/pkn/article/view/2326/2034
Abdurakhman, O., Rusli, R., & Nasution, U. (2015). Integrasi Pemikiran Imam Al- Ghazali & Ivan Pavlov Dalam Membentuk Prilaku Peserta Didik. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif, 2(1), 103–113.http://www.ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/365 1
Angraini, W. D., Aminuyati, & Achmadi. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(8), 1–11. https://repository.unsri.ac.id/27031/
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 35–46. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Nanda, A., Yunus, M., & Hayati, E. (2016). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Presasi Belajar PKn Pada Siswa MTsN Tungkob. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1), 13–22. http://www.jim.unsyiah.ac.id/
Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146. https://ummaspul.ejournal.id/JENFOL/article/view/428
Sofiah, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD, 11(2), 91–99. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.91-99
Buku Teks
Mustika, Z. (2015). Pentingnya Peranan Wali Kelas Dalam Pembelajaran. Jurnal Intelektualita, 3(1), 65–78.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.