PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

Authors

  • Dara Mida Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Pipit Firmanti Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Rahima Rahima MAN 4 AGAM

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.875

Keywords:

LKPD (lembar kerja peserta didik), Konstruktivisme, Hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis konstruktivisme pada materi transformasi geometri(translasi dan refleksi) terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Subjek penelitian adalah 29 siswa dengan 11 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan kelas XI MIPA. Instrument pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Dokumentasi berupa foto pelaksanaan belajar dan tes di kelas. Angket berupa tanggapan siswa terhadap penggunaan LKPD. Sedangkan tes berupa soal posttest yang terdiri dari lima soal uraian. Pada penelitian ini, LKPD dievaluasi terlebih dahulu oleh peneliti dan guru pembimbing agar dapat digunakan. Pada uji kepraktisan diperoleh rata-rata nilai 3,82 dari hasil analisis angket peserta didik dengan kategori praktis untuk digunakan. Sedangkan pada uji keefektifan menunjukkan LKPD efektif digunakan dalam pembelajaran dengan rata-rata nilai 84,62 dari hasil analisis posttest peserta didik dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis konstruktivisme ini berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik. Sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa penggunaan LKPD didalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Alfana, M., Dewi, N. R. & Sukaesih, S. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4(1), 720-727

Astuti & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13-24

Faturahman, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 57-63.

Indriani, M., Niswah, C., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 165–180. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1739

Lingkungan, L. T., Lingkungan, P. T., Sains, F., Teknologi, D. A. N., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, B. (2021). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Maulana, I. & Leonard. (2018). Pendekatan Konstruktivisme Dengan Strategi Pembelajaran Tugas Dan Paksa. 404–416.

Novita, M., Erita, S., Sari, M. & Putra, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Numeracy, 7(2), 269-290.

Yusuf, Y. & Rosita, N. T. (2016). Penggunaan pembelajaran Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Symmetry : Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 13-20.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Dara Mida, Pipit Firmanti, & Rahima Rahima. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI . Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 33–43. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.875

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.