MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP IT AL-MANAR BUN KOBAR

Authors

  • Wasilah Wasilah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Siminto Siminto Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.901

Keywords:

Manajemen, Penguatan Pendidikan Karakter, Peserta Didik.

Abstract

Pendidikan karakter semakin mendapatkan prioritas dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah no 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang merupakan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab sekolah untuk memperkuat karakter siswa (Pasal 1 PP no.87/2017). Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter dilaksanakan dengan prinsip manajemen berbasis sekolah yang merupakan tanggung jawab kepala sekolah dan guru, sebagai pemenuhan beban kerja guru dan kepala sekolah (Pasal 6 ayat 3,4,5 PP 87/2017). Sesuai arahan presiden Joko Widodo bahwa pendidikan karakter pada jenjang pendidikan dasar mendapatkan porsi yang lebih besar dibandingkan pendidikan yang mengajarkan pengetahuan, untuk Sekolah Dasar sebesar 70 persen sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama sebesar 60 persen. Ketertarikan peneliti untuk mengkaji pendidikan karakter didasari oleh adanya penurunan karakter siswa kelas tinggi dibanding karakter siswa kelas rendah. Fokus kajian utama penelitian ini adalah manajemen penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kajian dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan.  Hasil penelitiannya bahwa pertama, Perencanaan Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP IT Al-Manar Bun Kobar telah dilaksanakan dengan baik melalui penyusunan tujuan, strategi dan pemetaan kebijakan serta pemetaan prosedur dan penyempurnaan program menggunanakan rancangan RPP dan silabus; kedua, pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP IT Al-Manar Bun Kobar berjalan dengan baik melalui kegiatan kegiatan bersifat religius, penanaman nasionalisme, peduli sosial dan kepedulian terhadap lingkungan; ketiga, evaluasi Perencanaan Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP IT Al-Manar Bun Kobar  melalui kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan dengan melaksanakan refleksi, analisis dan rencana tindak lanjut berbasis pendidikan kewarganegaraan.

References

Aisyah, N., Edmosda, & Suratno. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di SDIT Nurul Ilmi Kota Jambi. Tekno-Pedagogi, 5(1), 50-63.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media.

Hayati, M. (2012). Desain Pembelajaran: Berbasis Karakter,. Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press.

Herawati. (2018). Memahami proses belajar anak. jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV, 27–48.

Nugraha, P., & Mundilarno, M. (2020). Manajemen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Media Manajemen Pendidikan, 2(3), 349. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i3.6727

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Pongoliu, A. H. (2017). Pembinaan Karakter Siswa Dalam Membentuk Sikap 3S (Senyum Salam dan Sapa). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(2).

Putra, P. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA di MIN Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 49–61. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1377

Rohman, N. (2018). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar (Studi Di Sd Ut Bumi Kartini Jepara). Prosiding Seminar Nasional, (0291), 146–154.

Samani, M., & Hariyanto. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia. Kencana Prenadamedia.

Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326

Solihah, D., Wasliman, I., & Yoseptry, R. (2022). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 466–471. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.431

Sudijono, A. (2007). Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Literasi Digital. Banten: CV. AA. Rizky.

Susanto, F. X., Islam, U., & Bandung, N. (2022). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Mutu Lulusan Siswa Di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama. AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies, 5(4), 315–323. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.379.

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Downloads

Published

2022-12-25

How to Cite

Wasilah Wasilah, & Siminto Siminto. (2022). MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP IT AL-MANAR BUN KOBAR . Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 221–230. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.901

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.