Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Buku Fiksi Dan Nonfiksi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Recap

Authors

  • Muhamad Ali Nursalim MTsN 8 Sleman

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1460

Keywords:

Kelas IX, Bahasa Indonesia, Prestasi Belajar, Student Recap.

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IX-A MTsN 8 Sleman pada tahun pelajaran 2020/2021 berjalan dengan kurang efektif. Peserta didik kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan ramai di kelas. Hal tersebut berakibat pada rendahnya nilai peserta didik yang hanya mencapai 44% tuntas KKM. Peneliti melihat diperlukannya sebuah penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Peneliti memilih sebuah model pembelajaran Student Recap. Student Recap adalah model pembelajaran mudah dan sederhana di mana peserta didik belajar melengkapi paragraf yang belum sempurna dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia. Indikator keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik ditandai  75% peserta didik lolos nilai KKM dengan nilai 75. Hasil peningkatan dapat terlihat dari data sebagai berikut: prasiklus 47%; siklus pertama 66%; siklus kedua 78%. Hasil tersebut dikatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian sebesar 75%. Hasil peningkatan dapat terlihat dari nilai rata-rata peserta didik sebagai berikut: prasiklus 71,3; siklus pertama 75,9; siklus kedua 80,3. Hasil tersebut dikatakan berhasil karena sudah melebihi indikator keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Recap mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia materi Buku Fiksi dan Nonfiksi pada peserta didik kelas IX-A MTsN 8 Sleman di semester genap tahun pelajaran 2020/2021.

References

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2013. Model Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryanti, N., Hasanah, M., & Utami, S. (2022). pengaruh Game Online Terhadap prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Siswa MI Miftahul Huda Sendang Tulungagung. Cendekia, 2(3).

Haryanti, N., & Hidayati, Y. (2022). Inovasi Model Aplikasi Pembelajaran Online Daring di Sekolah. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Iskandar, Agung. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Mulyasa, E. 2015. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silberman. 2013. Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Secara Alami. Jakarta: Permata Puri Media.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rhineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Muhamad Ali Nursalim. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Buku Fiksi Dan Nonfiksi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Recap . Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 108–120. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1460

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.