BENTUK-BENTUK FATIS BAHASA JAWA TIMUR: STUDI LINGUISTIK BANDINGAN

Authors

  • Christin Yunita Maulani Universitas Airlangga
  • Dewi Puspa Arum UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.876

Keywords:

fatis, bahasa Jawa Timur, bahasa Indonesia, lingusitik bandingan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya penelitian mengenai fatis bahasa dengan studi kajian Linguistik Bandingan. Selain itu, penggunaan data bahasa Jawa Timur dalam penelitian ini dapat memudahkan penemuan kekerabatan bahasa yang dimiliki oleh bahasa Jawa Timur dan bahasa Indonesia.  Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan bahasa kerabat dari bahasa Indonesia dan bahasa Jawa Timur melalui fatis yang sering digunakan oleh masyarakat. Fatis merupakan salah satu cara untuk komunikasi dengan basa-basi guna membina komunikasi sosial atau individu agar tercipta kekerabatan. Penelitian ini menggunakan metode simak, libat, cakap, dan catat dan menggunakan observasi mendalam guna menemukan fatis yang ada di kalangan masyarakat. Sementara, metode penyajian data menggunakan metode deksiptif kualitatif dan studi kajian linguistik bandingan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan sebanyak sepuluh fatis yaitu Loh – Lho, Seh –Sih, Toh- Toh, Kan-Kan, Deh-Deh, Ah-Ah, Yah-Yah, Dong-Dong yang memiliki kesamaan atau kekerabatan dengan fatis bahasa Indonesia. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bahasa Indonesia dan bahasa Jawa Timur memiliki kekerabatan karena adanya fatis tersebut.

References

Afifah, R. (2015). Fatis Bahasa Minangkabau: Linguistik Bandingan. JURNAL ARBITRER, 2(2), 196-200.

Akbar, N. H. (2016). Kategori Fatis dalam Bahasa Indonesia pada Acara Indonesia Lawak Klub (Ilk) Di Trans 7 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Gunawan, G. (2020). Bentuk dan Fungsi Kategori Fatis dalam Komunikasi Lisan Bahasa Melayu Dialek Sungai Rokan. Jurnal Pendidikan Rokania, 5(1), 1-16.

Hilmiati, N. F. N. (2012). Bentuk fatis bahasa Sasak. Mabasan, 6(2), 18-27.

Jaenudin, J. (2019). Analisis Bentuk dan Fungsi Fatis pada Aktivitas Jual Beli Masyarakat di Pasar Lembor Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai Barat (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Keraf, G. (1984). Linguistik bandingan historis. Jakarta: Gramedia.

Muhidin, R. (2013). Bentuk Fatis dalam Bahasa Melayu Bangka. Sirok Bastra, 1(1), 51-57.

Rusyanti, H. (2013). Pengertian Bahasa Menurut Ahli. Teori Bahasa, 2(1).

Setiawan, P. (2021). Pengertian bahasa menurut para ahli. Retrieved from GuruPendidikan. Com: https://www. gurupendidikan. co. id/pengertian-bahasa-menurut-para-ahli.

Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, fungsi bahasa, dan konteks sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1-19.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Christin Yunita Maulani, & Dewi Puspa Arum. (2022). BENTUK-BENTUK FATIS BAHASA JAWA TIMUR: STUDI LINGUISTIK BANDINGAN . Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 44–50. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.876

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.