Penggunaan Media Gambar Sederhana Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips Tentang Sumber Daya Alam Kelas IV SDI Waioti
DOI:
https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1450Keywords:
media Gambar sederhana, hasil belajar, Sumber Daya AlamAbstract
Pembelajaran IPS di kelas IV yang selama ini dilakukan guru merupakan cara pembelajaran yang konvensional. Selama pembelajaran berlangsung guru memegang otoritas penuh, sedangkan siswa hanya pasif saja. Dengan pembelajaran yang seperti itu menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merasa perlu mengadakan perbaikan pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS tentang Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SDI Waioti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Waioti Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka dengan jumlah siswa 24 yang terdiri 14 siswa laki-lakidan 10 siswa perempuan. Berdasarkan hasil belajar siswa pada pra siklus terdapat 21 siswa yang belum memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal ( KKM ), persentase ketidaktuntasan belajar 87,5 %. Pada Siklus I terdapat 13 siswa yang belum memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal ( KKM ), prosentase ketidaktuntasan belajar 54,16 % sedangkan pada siklus II terdapat 1 siswa yang belum memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal ( KKM ) prosentase ketidaktuntasan belajar 4,16 %. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru kelas IV agar menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPS di kelas, sehingga dalam pembelajaran IPS siswa lebih aktif belajar dan hasil belajar siswapun meningkat.
Downloads
References
Anita, Sri, dkk. StrategiPembelajaran di SD PenerbitUniversitas Terbuka Jakarta
Abdulhak, I. ( 2000 ) Pengantar Pendidikan PenerbitUniversitas Terbuka Jakarta
DuriAndriani, dkk. MetodePenelitianPenerbitUniversitasterbuka Jakarta
Din Wahyudi, dkk. Pengantar Pendidikan PenerbitUniversitas Terbuka Jakarta
Hatima, I. ( 2003 ) Strategi Dan MetodePembelajaranPenerbitUniversitas Terbuka Jakarta
Igakwardani, Kurwarya Lihardit. Penelitian Tindakan Kelas Penerbit Universitas terbuka Jakarta
Sudjana, D. ( 2000 ) Strategipembelajaran, Bandung Falah Production
Wardani, Igak, dkk. 2009 Prospektif Pendidikan Di SD Penerbit Universitas Terbuka Jakarta