PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Muhartini Muhartini Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Amril Mansur Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Abu Bakar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.881

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual,  Pembelajaran Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pembelajaran Kontekstual  Dan Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Pendekatan yang dipakai adalah penelitian murni kepustakaan (library research). Data diperoleh dari bahan bacaan yang diperoleh peneliti dari buku-buku, artikel-artikel yang termuat dalam cetak. Data dikumpulkan dan dipilah-pilah untuk mengisi jawaban dari pertanyaan penelitian yang dirumuskan. Analisa menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis) untuk mendapatkan informasi terkait Pembelajaran Kontekstual  Dan Pembelajaran Problem Based Learning. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran kontekstual merupakan suatu pembelajaran yang mengkaitkan kontekstual sehari-hari pada materi pembelajaran sehingga siswa mampu memaknai pengetahuan/ ketrampilan yang dipelajarinya serta secara fleksibel dapat menerapkan pengetahuan/ ketrampilan yang dimilikinya dari suatu permasalahan/konteks ke permasalahan yang lainnya. Pendekatan kontekstual melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran kontekstual, yaitu : konstruktivisme (contruktivisme), menemukan (inquiri), bertanya (question), masyarakat belajar (learning comunity), pemodelan (modeling), refleksi, penilaian yang sebenarnya (aunthentic asesment). Pembelajaran berbasis masalah (Problem-based Learning) merupakan salah satu model yang tepat dikembangkan  dalam pembelajaran teknologi untuk merespon isu-isu peningkatan kualitas pembelajaran teknologi dan antisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di dunia kerja. Karakteristik dan Tahapan Pembelajaran Model Problem-Based Learning. Pembelajaran berbasis masalah dikembangkan terutama untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, dan ketrampilan intelektual, belajar tentang berbagai peran orang dewasa dengan melibatkan diri dalam pengalaman nyata atau simulasi, dan menjadi pembelajar yang otonom dan mandiri.

 

References

Afiani, A. (2018). Pembelajaran kontekstual kon (cotextual. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88.

Erma Surtikawati, Anatri Desstya, A. F. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Di Kelas VI SD N 2 Girimarto. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 76–91.

Halean, H., Pitoy, C., & Mangobi, J. U. L. (2021). Penerapan Model PBL dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Matematika Materi PLDV. MARISEKOLA:Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(1), 9–12.

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching Learning. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3, 53–62.

Kamil, B., Velina, Y., & Kamelia, M. (2019). Students’ Critical Thinking Skills in Islamic Schools: The Effect of Problem-Based Learning (PBL) Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 77–85. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.4212

Kartika, T. P. D. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Model Problem Based Learning. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 14. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6012

Mustofa, Z., Susilo, H., Heni, M., Al, I., Biologi, P., & Malang, P. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study Untuk Siswa Sma. Jurnal Pendidikan, 1(5), 885–889.

N, A., & Ratnasary, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist MAN 01 Ogan Ilir Sumatera Selatan. Jurnal Taujih:Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 1–16.

Nisa, Sukma Choirun, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. MATHE Dunesa, 8(2), 428–435.

Nur, T., & Wahyuni, B. (2016). Keefektifan Pembelajaran PBL Pendekatan Kontekstual pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 22, 29–37.

Pertiwi, F. N. (2020). Integrative Science Education and Teaching Activity Journal Problem Based Learning Model through Constextual Approach Related with Science Problem Solving Ability of Junior High School Students. 1(1), 50–58.

Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan II, November, 242–248.

Ratnawati, N. (2014). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Antara Yang Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Dengan Problem Based Learning Di Mts Al-Mu’amalah Garut (Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Mts Al- Mu’amalah). Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 3.

Riska Afferi Yanti, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Griya Cendikia, 7(2), 660–669.

Sepriady, J. (2018). Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 2(2), 100. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i2.1603

Sholeh, M. (2010). Implementasi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Pada Materi Penginderaan Jauh. Jurnal Geografi, 7(2), 127–135.

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89

Wulansuci, R. A., Restian, A., Iza, M., Eromoko, K., Wonogiri, K., Studi, P., Profesi, P., Sekolah, G., Malang, U. M., Lowokwaru, K., & Malang, K. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah kontekstual materi IPA melalui penggunaan model problem based learning. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 0066, 76–82.

Zainun Wafiqatun Niam, D. (2021). Implikasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadis Terhadap Internalisasi Nilai Agama Islam Di MA Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Al-Ghazali, 4(2), 126–143.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Muhartini, M., Amril Mansur, & Abu Bakar. (2022). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.881

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.