Penggunaan Diksi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Unika Soegijapranata dalam Tugas Video Berbicara

Authors

  • Yusuf Hendrawanto Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.2407

Keywords:

Speaking Skills, Speaking Video, Use of Diction

Abstract

Abstract. Speaking ability is the most frequently used language skill. This study aims to describe the use of diction by students of the Accounting Department of Unika Soegijapranata in speaking video assignments. The problem in this study is the use of diction by students of the Soegijapranata University Accounting Department in speaking video assignments which are divided into the use of Indonesian spelling, the clarity and density of language presentation, as well as the attractiveness and suitability of the choice of diction with the topic of conversation. The method used in this research is a qualitative research method. The results of the study showed that the use of diction by class A students of the Soegijapranata Catholic University's Accounting Department in speaking video assignments was classified as good with details of seventeen students getting good scores and three students getting very good scores.

 

Keywords: Speaking Skills, Speaking Video, Use of Diction.

Abstrak. Kemampuan berbicara adalah kemampuan berbahasa yang paling sering digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan diksi mahasiswa Jurusan Akuntansi Unika Soegijapranata dalam tugas video berbicara. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah penggunaan diksi mahasiswa Jurusan Akuntansi Unika Soegijapranata dalam tugas video berbicara yang terbagi dalam penggunaan ejaan bahasa Indonesia, kejelasan dan kepadatan penyajian bahasa, serta kemenarikan dan kesesuaian pemilihan diksi dengan topik pembicaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan diksi mahasiswa kelas A Jurusan Akuntansi Unika Soegijapranata dalam tugas video berbicara sudah tergolong baik dengan rincian tujuh belas mahasiswa mendapatkan skor baik dan tiga mahasiswa mendapatkan skor sangat baik.

 

Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Penggunaan Diksi, Video Berbicara.

References

Bahrani, T. & Soltani, R. (2012). How to Teach Speaking Skill?.

Journal of Education and Practice. Vol. 03 No. 2, 22-29

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397.

Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di YouTube. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(4), 1738-1744.

Mahsun. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Raja Grafindo.

Makki, M. I., & Aflafah. (2019). Kemampuan Berbicara Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, Vol. 16, No. 1, 78-86.

Moleong, L. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Purwadi, A. J., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa melalui Praktik Berpidato dan Praktik Bercerita Menggunakan Video Pembelajaran Praktik Berbicara. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 373–397. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1480

Sholihah, R.A. (2020). Praktik Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Masa Pandemi Covid-19. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (1), 705-717.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2016). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Ulviana. (2011). Improving students’ Speaking Ability through Communication Games. (Bachelor Thesis, Syarif Hidayatullah State Islamic University. Jakarta).

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Hendrawanto, Y. (2023). Penggunaan Diksi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Unika Soegijapranata dalam Tugas Video Berbicara. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 183–189. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.2407

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.