Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP Tematik Dengan Supervisi Akademik Di SDI Wutik
DOI:
https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1468Keywords:
RPP Tematik, Suvervisi Akademik, Kemampuan GuruAbstract
Tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SDI Wutik Kabupaten Sikka dalam menyusun RPP tematik melalui supervisi akademik. Dalam penelitian menujukkan bahwa supervisi akademik secara kelompok pada siklus I, diperoleh data guru-guru belum mengikuti prosedur penyunan RPP tematik dengan benar dan RPP yang disusun oleh guru SDI Wutik masih belum maksimal, maka perlu dilakukan supervisi akademik lanjutan yaitu pada siklus II. Pelaksanaan tindakan supervisi akademik pada siklus II dilakukan dengan mendatangkan nara sumber dan pendekatan supervisi akademik secara individual (percakapan individu). Hasil penelitian rata-rata (1) Kemampuan guru kelas SDI Wutik Kabupaten Sikka, dalam mengikuti prosedur menyusun RPP tematik meningkat dari kondisi awal sebesar 29,17% (kategori sangat kurang) menjadi 68,75% (kategori cukup) diakhir siklus I dan menjadi 84,38% diakhir siklus II. Dan, (2) Kemampuan guru kelas SDI Wutik dalam menyusun RPP tematik meningkat dari kondisi awal 57,74 (kategori Cukup) menjadi 75,00 (dengan kriteria Baik), dan meningkat menjadi 89,29 diakhir siklus II. Berdasarkan analisis data penelitian penulis menyimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kualitas RPP Tematik guru Kelas SDI Wutik Kabupaten Sikka pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.
Downloads
References
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. ( 2007 ), Standar Isi, Direktorat Pendidikan, Jakarta.
___________ (2007), Standar proses, Direktorat Pendidikan, Jakarta
Depdikbud (1998) Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya, Dirjen Pendasmen, Jakarta
________. (2008) Pedoman Penelitian Tindakan Sekolah Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA/SMK, Dirjen PMPTK Jakarta
Imron, Ali. (2000). Pembinaan Guru Di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.
Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: GP Press.
Permendiknas (2007). Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta.
Rusman, 2011, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta, PT. Rajag Grafindo Persada.
Siti Aminah (2010), Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Kinerja Guru, dalam Media Sekolah, Edisi 57 Tahun III.
Trianto (2009) Pengembangan Model pembelajaran Temati, Prestasi Pustakaraya Jakarta
http://www.majalahpendidikan.com/2011/04/peran-kepala-sekolah-sebagai-supervisor