MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MELAKUKAN SHALAT WAJIB MELALUI STRATEGI MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL-ISHLAH BUKITTINGGI

Authors

  • Muhammad Ryan Lazuardi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Syahrial Syahrial SD Islam Al- Ishlah Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.900

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan medeskripsikan aktivitas dan kemampuan dalam melaksanakan shalat wajib lima waktu melalui strategi modelling the way pada siswa Kelas IV SD Islam AL-Ishlah Semester I tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan/observasi dan refleksi. Melalui strategi modelling the way dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan melakukan shalat wajib pada siswa Kelas IV SD Islam Al-Ishlah Semester I tahun pelajaran 2022/2023.

Aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: aspek membaca rukun shalat (nilai rata-rata meningkat 1,1; persentase naik 21,8%; dari kategori baik menjadi amat baik), aspek membaca syarat shalat (nilai rata-rata naik 0,7; persentase naik 14,8%; dari katoegori baik menjadi amat baik), aspek membaca hal yang membatalkan shalat (nilai rata-rata meningkat 0,7; persentase naik 15,7% dari kategori baik menjadi amat baik), dan aspek praktek shalat (nilai rata-rata naik 0,9; persentase naik 18,3%; dari kategori baik menjadi amat baik).

Hasil belajar siswa dari kondisi awal siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 2 siswa (30%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 13 siswa (100%). Terjadi peningkatan sebanyak 11 siswa (70%) dan nilai rata-rata kelas dari 60,2 menjadi 85,0 meningkat sebesar 24,8%.

References

A.M. Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Abdurahman. 1999. Pendidikan bagi Anak

berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ali, M. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa

Bawani, Imam. 1993. Tradisionalisme dalam Pendidikan

Islam. Surabaya: Al Ikhlas.

DepDikBud. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka

Drajat, Zakiah, 1992. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara

Hudoyo. 1990. Strategi Belajar Mengajar. Malang : IKIP Malang.

Kemdikbud, 2003. Agama Islam SD-MI.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Muhammad Ryan Lazuardi, Wedra Aprison, & Syahrial Syahrial. (2022). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MELAKUKAN SHALAT WAJIB MELALUI STRATEGI MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM AL-ISHLAH BUKITTINGGI. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 256–267. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.900