Pengaruh Program Bimbingan Dan Konseling Di MAN 2 Model Medan

Authors

  • Fauzia Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Asamida Asamida Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ivo Liza Miranda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Robiyatul Adawiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Andini Darmayanti Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1489

Keywords:

Man 2 model, observasi, analisis

Abstract

Riset ini dilaksanakan“ di MAN 2 Model Medan dengan memakai analisis hasil observasi dengan fasilitas serta prasarana lemabaga satuan pedidikan bersumber pada Permendiknas. Tujuan riset ini melakukan observasi serta analisis dalam program layanan tutorial konseling yang diberikan guru Tutorial Konseling cocok dengan kebutuhan sekolah dengan penindakan permasalahan sebagian antara lain melakukan tutorial, membuat statment individu, membuat statment orang, siswa serta mediasi. Penilaian yang dicoba dilaksanakan tiap 2 pekan sekali, namun pengawasan dilaksanakan tiap hari biar hasilnya lebih optimal. Penilaian yang dicoba yakni dengan membuat angket berbentuk persoalan buat siswa, Dalam program layanan tutorial konseling yang diberikan guru Tutorial Konseling cocok dengan kebutuhan sekolah dengan penindakan permasalahan sebagian antara lain melakukan tutorial, membuat statment individu, membuat statment orang, siswa serta mediasi. Guru BK di MAN 2 MODEL MEDAN memakai RPL buat jadi panduan dalam” melakukan program layanan.

References

Mugiarso, Heru. 2012. Bimbingan & Konseling. Semarang : Pusat Pengembangan MKU & MKDK LP3 UNNES.

Nurihsan, Ahmad J. 2010. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Gibson, Robert L., dan Marianne H. Mitchell. 2012. Bimbingan dan Konseling.

Arikunto, suharismi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakata: rineka cipta.

Baharuddin dan esa nur wahyuni. 2010. Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: ar-ruzz media. Depertemen pendidikan dan kebudayaan, 2000. Kamus besar bi, jakarta: pt. Raja grafindo persada.

Daryanto. 2015. Bimbingan konseling panduan guru bk dan guru umum. Malang: mega media.

Djamarah, syaiful bahri. 2012. Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: usaha nasional. Fkip.

fenti. 2012. Bimbingan konseling. Jakarta : rajawali pers. Lesmana, jeneta murat. Dasar-dasar konseling. Jakarta: universitas indonesia (ui-press).

Maslika, ida. 2011. Pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik yang bermasalah kelas viii di mts. Negeri kenda. Semarang : iain walisongo semarang.

Quraisy, hidayah dan suardi. 2016. Bimbingan dan konseling di sekolah. Makassar:wr slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktir yang mempengaruhinya. Jakarta: rineka cipta. Sudijono, anas. 2011. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: rajawali pers. Rineka cipta.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Fauzia Nasution, Asamida Asamida, Ivo Liza Miranda, Robiyatul Adawiyah, & Andini Darmayanti Purba. (2023). Pengaruh Program Bimbingan Dan Konseling Di MAN 2 Model Medan. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 189–201. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1489

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.