Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mengerjakan Soal Materi Pecahan Di Kelas V SD Negeri Purworejo

Authors

  • Fita Endah Pratiwi Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Supriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1492

Keywords:

Kata Kunci: kemampuan, berpikir kreatif, pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengerjakan soal pecahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Subjek yang diambil 3 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar tes berupa soal pecahan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dari Miles & Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mengerjakan soal pecahan telah mampu menyelesaikan permasalahan serta mampu menjawab dengan benar. Subjek S1 termasuk ke dalam TKBK 3 (Kreatif) karena mampu mencapai indikator kelancaran (fluency) dan indikator fleksibilitas (flexibility).

Untuk Subjek S2 termasuk ke dalam TKBK 1 (Kurang Kreatif) karena hanya mampu mencapai indikator kefasihan (fluency). Sedangkan Subjek S3 termasuk ke dalam TKBK 3 (Kreatif) karena mampu mencapai indikator kelancaran (fluency) dan indikator fleksibilitas (flexibility).

 

References

Febrianingsih, F. 2022. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119-130.

Hoiriyah, D. (2019). Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal open-ended. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(02), 201-212.

Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. 2020. Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia (IJOEE) , 1 (1).

Nurlaela, L., dkk. 2019. Strategi Belajar Berpikir Kreatif (Edisi Revisi). Jakarta Utara. Pustaka Media Guru.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah, Fokus pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. 2020. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48.

Yasiro, L. R., Wulandari, F. E., & Fahmi, F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pemanasan global berdasarkan prestasi siswa. Journal of Banua Science Education, 1(2), 69-72.

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Fita Endah Pratiwi, Supriyono, & Rintis Rizkia Pangestika. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mengerjakan Soal Materi Pecahan Di Kelas V SD Negeri Purworejo. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 223–228. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1492

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.