Pengembangan Media Pop Up Book Mitigasi Bencana Banjir Terhadap Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Meyvia Puspita Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya
  • Eka Cahya Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhenti Dorlina Simatupang Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1462

Keywords:

pop up book, mitigasi banjir, berfkir logis, anak usia dini

Abstract

Banjir merupakan suatu peristiwa alam yang sering terjadi ketika musim penghujan. Di Mojokerto tepatnya di desa Tempuran terjadinya banjir diakibatkan oleh air sungai yang meluap dan kurangnya daerah resapan air di daerah Tempuran. Anak-anak merupakan korban yang paling rentan terkena dampak banjir ini akibat dari kurangnya edukasi tentang penyelamatan diri ketika bencana banjir tersebut terjadi. Maka edukasi sejak dini tentang mitigasi bencana banjir pada anak usia dini harus dikenalkan sebagai upaya menumbuhkan kesadaran siaga bencana sebagai upaya mengurangi resiko bencana. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan dan mendeskripsikan kemampuan berfikir logis mengenai mitigasi bencana banjir  pada media pop up book untuk anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Desain uji produk pada peneitian ini menggunakan one group pretest dan posttest. Subjek penelitian ini menggunakan 30 anak di TK Negeri Pembina II Sooko Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan N-Gain. Hasil penilaian dari para ahli memperoleh 88,24% dari ahli media sedangkan  dari ahli materi memperoleh skor sebesar 86,76%. Hasil efektifitas produk dari 30 anak sebesar 0,74  yaitu g ≥ 0,7 yang berarti nilai N-Gain yang diperoleh lebih besar sehingga media dinyatakan layak dan berpengaruh dalam memberikan pengetahuan mitgasi bencana banjir pada anak usia 5-6 tahun.

References

Abdelwahed, D., & Mohamed, M. (2022). Using Pop-Up Books To Develop Oral Language Performance Skills Kindergarten Children. 21(1), 447–467. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2022.01.30

Agrestin, I., & Maulidiyah, E. C. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP PENGETAHUAN BENCANA BANJIR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. AL HIKMAH: INDONESIAN JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD ISLAMIC EDUCATION, VOL. 5 (2).

Ahmadi, F., Fakhruddin, Trimurtini, & Khasanah, K. (2017). THE DEVELOPMENT OF POP-UP BOOK MEDIA TO IMPROVE 4th GRADE STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES OF CIVIC EDUCATION. 3rd International Conference on Theory & Practice (ICTP, 2017), Adelaide, Australia.

Anggarasari, N. H. (2019). MITIGASI BENCANA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, Vol 3 No.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Colidiyah, A. (2018). THE USE OF POP-UP BOOK TO IMPROVE ENGLISH SKILL AT SD NEGERI 2 GADING KULON DAU. CELTIC: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature & Linguistics, 3 NO 12018.

Fajari, N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ‘POP-UP BOOK’ UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TERHADAP BENCANA BANJIR DI SMP N 2 GATAK SUKOHARJO. Skripsi.

Fazira, S. K., & Qohar, A. (2021). Development of Pop-up Book Mathematics Learning Media on Polyhedron Topics. Journal of Physics: Conference Series, 1957(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1957/1/012005

Hake, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. indiana university.

Hanan, S. A. (2020). PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MITIGASI UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. PAUD Teratai, e 09 Nomor, 3.

Hasibuan, R., & Fauziyah, A. I. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen Tema Gejala Alam Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Sebab-Akibat Pada kelompok B di TK Labschool UNESA Afif Izza Fauziyah. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–9.

Hasti, S. (2019). Mengenal Keaksaraan Di Taman Kanak-Kanak. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak Dan Pendidikan Luar Biasa.

Hidayati, I. M., Yasbiati, Y., & Nurzaman, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Kelompok a Tk Sejahtera 4. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 152–163. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26678

Matin, R. H., Ety Rohaety, E., & Nuraeni, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Di Tk Nusa Indah. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 49. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p49-56

Mujiburrahman, M., Nuraeni, N., & Hariawan, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 317–321. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1082

Nurani, Y., Hapidin, H., Wulandari, C., & Sutihat, E. (2022). Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5747–5756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2940

Nurlaela. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK DALAM. 53.

Oktaviarini, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Lingkungan Dan Alam Sekitar Untuk Siswa Kelas Iv Sd Di Kabupaten Blitar Nourma. Jurna Pena Sd, 03(01), 70–87.

Pahleviannur, M. R. (2019). SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA. 29(1), 49–55.

Purnamasari, I. N., & Yusma, N. A. (2021). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN WARNA. Journal of Early Childhood Education Studies, Volume 1,.

Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142

Rahayu, D. (2020). PENGEMBANGAN POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH.

Rahmawati, D. I. (2018). Developing Pop-Up Book Learning Media to Improve Cognitive Ability of Children Aged 4-5 Years. 249(Secret), 60–69.

Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Statistika. ALFABETA.

Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 888–894. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510

Setyanugrah, F., Setyadi, I., Desain, J., Industri, P., Teknik, F., & Sepuluh, I. T. (2017). Perancangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Mitigasi Kebakaran Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 8-12 Tahun Di Surabaya. 6(1), 62–68.

Setyowati, D. L. (2019). Pendidikan kebencanaan.

Sholihah, K. (2018). PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN. 1(5), 13–22.

Simatupang, N. D., Widayati, S., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA STEKPAN UNTUK KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN. AUDHI, 4, 8–17.

Sugiyono. (2017). Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Syarief, I. S. (2021a). Penyebab Banjir di Desa Tempuran Mojokerto. Www.Suarasurabaya.Net. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/penyebab-banjir-di-desa-tempuran-mojokerto/

Syarief, I. S. (2021b). Sejak Januari 2021, Ada 258 Bencana Banjir yang Terjadi di Jawa Timur. Www.Suarasurabaya.Net. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/259-bencana-banjir-terjadi-di-jawa-timur-sejak-januari-2021/

Wibowo, B. . V. I. . (2017). DISASTER MITIGATION POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Geomedia, 15, 65.

Widayati, S., & Adhe, K. R. (2020). Media Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Winangsih, I., & Kurniati, E. (2020). Disaster Mitigation in Early Childhood Education. 454(Ecep 2019), 296–301. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.058

Zainorrahman, Z., Azizah, L. F., & Kadarisman, K. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS POP UP BOOK UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI MTs RAUDHATUT THALIBIN. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.24929/alpen.v2i2.21

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Meyvia Puspita Dewi, Kartika Rinakit Adhe, Eka Cahya Maulidiyah, & Nurhenti Dorlina Simatupang. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Mitigasi Bencana Banjir Terhadap Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 121–144. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1462

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.