ANALISIS KESALAHAN BERDASARKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Authors

  • Hendra Sumantri STKIP YASIKA MAJALENGKA
  • Yeti Irmayanti STKIP YASIKA MAJALENGKA
  • Yeti Irmayanti STKIP YASIKA MAJALENGKA

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.926

Keywords:

Kesalahan Belajar, Koneksi Matematis, Operasi Bilangan Bulat.

Abstract

Berdasarkan pertanyaan tersebut, tujuan yang ingin dicapai dari permasalahan yang akan dikaji adalah: 1) Mengetahui hambatan belajar (learning obstacle) berdasarkan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. 2) Mengetahui desain didaktis untuk meminimalkan terjadinya hambatan belajar (learning obstacle) siswa dalam menyelasaikan operasi bilangan bulat.Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan model penelitian Desain Didaktis atau Didactical Design Research (DDR). Subjek penelitian pertama merupakan siswa kelas 8 yang telah mempelajari bilangan bulat. Sedangkan sunjek kedua adalah subjek observasi yang akan dilakukan pada siswa kelas 7 yang  sedang mempelajari materi bilangan bulat untuk melihat bagaiman proses pembelajaran dan situasi di kelas. Berdasarkan hasil pembelajaran dengan desain didaktis yang sudah peneliti susun dalam mencapai tujuan pembelajaran yaitu siswa dapat memahami dan menemukan konsep-konsep yang berkaitan dengan sub bab bilamgam bulat dapat tercapai meskipun belum sepenuhnya. Karena masih ada kelompok yang tidak menemukan konsep-konsep tersebut dalam mengerjakan kerja proyek. Berdasarkan data yang peneliti peroleh dalam penilaian validator melalui angket dan wawancara yang telah dipaparkan sebelumnya, dapat disimpulkan secara global bahwa bahan ajar ini dalam bentuk LAS dengan 3 kegiatan di dalamnya layak digunakan dengan beberapa perbaikan.

References

Johnson. 2010. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Lanuwu, F. K. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Newman Pada Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga”. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Kristen Satya Wacana.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston,VA: NCTM.

Patilima. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Prihandika, A. 2017. Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran React dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Siswa SMKN 39 Jakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol.1, No.1.

Ramdani, Yani. 2012. “Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral.” Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 13(1): 44-52.

Runtukahu. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Satori. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Satoto. 2012. Metode Penelitian Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka

Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryadi. 2010. Didactical Design Research (DDR) Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di UNP.

Ugi. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dan Alternati Pemecahannya. Jurnal Daya Matematis. Volume 4.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Hendra Sumantri, Yeti Irmayanti, & Yeti Irmayanti. (2022). ANALISIS KESALAHAN BERDASARKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 280–287. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.926

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.