KECENDERUNGAN PENELITIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI JURNAL PENDDIDIKAN EKONOMI DI SELURUH INDONESIA: DARI DESAIN PENELITIAN HINGGA ANALISIS DATA

Authors

  • Ripka Margaretha Ponggele Universitas Sangga Buana
  • Dety Mulyanti Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1513

Keywords:

Jurnal pendidikan ekonomi, pendidikan ekonomi, kemampuan berpikir kritis, analisis data, berpikir kritis

Abstract

Berpikir kritis adalah keterampilan yang memiliki banyak tujuan diantaranya memacu siswa, mahasiswa atau pun seorang pengajar dalam hal menumbuhkan inovasi baru. Kajian ini menggunakan content analysis terhadap sejumlah artikel yang telah dipublikasikan di jurnal Pendidikan ekonomi di seluruh Indonesia sejak tahun 2014 sampai januari 2023, dengan yang menjadi fokus utamanya adalah keterampilan berpikir kritis. Dari kajian analisis ini mengungkapkan bahwa jumlah publikasi yang berfokus pada keterampilan berpikir kritis mengalami penurunan pada tahun 2021 dengan desain penelitian yang paling dominan adalah kuantitatif. Selain itu, 38% siswa kelas sepuluh sekolah menengah menjadi subjek penelitian lebih tinggi dari subjek penelitian lainnya. Pre-tes dan post-tes serta T-Test secara serial merupakan instrument dan metode analisi yang paling umum digunakan.

Sehubungan dengan temuan penelitian ini, beberapa saran dan rekomendasi telah diusulkan untuk penelitian mendatang yang mendasari keterampilan berpikir kritis sebagai fokus utama penelitian. Beberapa rekomendasi tersebut antara lain meningkatkan keragaman subjek dan jenis penelitian.

References

Aini, Q., Multazam. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inovatif Berbasis Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA NW Suralaga. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. 2(1). Hal 60-71. E-ISSN: 2549-0893.

Astuti, Y. T., Haryono, A. (2017). Implementasi Metode Brainstroming dalam Model Group Investigation pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 3 SMAN 1 Batu. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.10. No.2. e-ISSN: 2579-3780.

Dewi, K. E., Winata, H. (2018). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Ekspalining dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.3. No.2. Hal. 214-225.

Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol.12. No.1. e-ISSN: 2599-1426.

Edora. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 1(2). ISSN: 2549-2284.

Evariani, G. A. M. S., Kertih, I. W., Haris, I. A., (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar IPS di SMP Negeri 1 Penebel. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.6. No.1.

Faizah, N., Mukhlis, I., Chotimah, C. (2020). Implementasi Lessen Study Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.13. No.2. e-ISSN: 2579-3780.

Gesy, S. S., Basuki, A., Churiyah, M., Agustina, Y. (2023). Meningkatkan Berpikir Kritis Melalui Media Pembelajaran Google Site Model Case Based Learning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.8. No.1. Hal. 38-53.

Hartono, R., Sore, A, D. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Permintaan dan Penawaran di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.2. No.2. ISSN: 2541-0938.

Haryono, A., Istiqomah, N., Yunikawati, N. A., Fidinnia, A. D. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Ekonomi Koperasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.10. No.2. e-ISSN: 2549-2292.

Hayati, A. F., Murdy, K. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 1(1). ISSN: 2549-2284

Hidayat, S., Sholeh, B. (2020). Efektivitas Penggunaan Modul Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Bebasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tangerang. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. 4(2). E-ISSN: 2549-0893.

Ikun, E. A., Sefaverdiana, P. V. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. 6(2). E-ISSN: 2549-0893.

Ismawati, E., Ghofur, M. A. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Mengingkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik pada KD Perdagangan Internasional. JUPE. 8(2). Hal. 38-43.

Khasanah, F., Prakoso, A. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia Untuk Mengingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JUPE. 7(2). Hal. 44-49.

Khotimah, S. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Purwokerto Ditinjau dari Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. Vol.5. No.2. ISSN: 2615-6784.

Mufida, A., Surjanti, J., Subroto, W. T., Widiono, A. (2022). Pengaruh Problem Based Learning dan Pendekatan CTL Berbasis ESD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Hybrid di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.15. No.1. e-ISSN: 2579-3780.

Muspita, Z., Sholihah, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 1 Masbagik. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. 3(1). E-ISSN: 2549-0893.

Mustajab, W., Senen, S. H., Waspada, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Koperasi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 2(1). ISSN: 2549-2284.

Purnamasari, V., Qurrata, V. A., Utomo, S. H., Sarmidi, T. (2022). Project Based Learning Implementation in Higher Education for Econometrics Science. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.10. No.2. e-ISSN: 2549-2292.

Putri, C. E., Fitrayati, D. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning dan Berpikir Kritis Pada Materi Ekonomi Kelas XI. JUPE. 7(3). Hal. 76-81.

Rehalat, A., Ainy, Z. N. (2022). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning, Berpikir Kritis Pada Masa Pendemi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. 6(1). Hal. 36-47. E-ISSN: 2549-0893.

Rineksiane, N. P. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Untuk Membantu Siswa dalam Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.7. No.1. Hal. 82-91.

Sanjaya, F. (2019). Efektifitas Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 3(1). ISSN: 2549-2284.

Saputra, A. E. W. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas XI SMK Negeri di Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.15. No.1. ISSN: 1907-9990.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Indonesia: Grasindo

Sihotang, K., K, F. R., Molan, B., Ujan, A. A., & Ristyantoro, R. (2012). Critical Thinking: Membangun Pemikiran Logis. Jakarta: PT Pustaka Sinar Harapan.

Suparno., Iranto, D. (2014). The Effects of PBL Method Using The Hypermedia to The Students Critical Thinking Skill on The Social Studies Subject. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 2(2). ISSN: 2302-2663

Upik, Y., Sore, A, D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Listening Team Pada Pokok Bahasan Kelangkaan Sumber Daya dan Kebutuhan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Silat Hilir. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.2. No.1. ISSN: 2541-0938.

Wahit, A. (2019). Pengaruh Model Group Investigation dengan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 Bangil. JUPE. 7(2). Hal 55-60.

Wayudi, M., Suwatno., Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.5. No.1. Hal. 67-82.

Widayanti, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol.12. No.1. e-ISSN: 2599-1426.

Wijaya, S. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Debat Aktif pada Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. 3(2). Hal 173-182. E-ISSN: 2549-0893.

Yunikawati, N. A., Tuanani, M. A. M. (2022). TBL vs PBL: Which is More Effective Models in Economics Learning. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis. 10(2). 181-192.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Ripka Margaretha Ponggele, & Dety Mulyanti. (2023). KECENDERUNGAN PENELITIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI JURNAL PENDDIDIKAN EKONOMI DI SELURUH INDONESIA: DARI DESAIN PENELITIAN HINGGA ANALISIS DATA. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 251–261. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1513

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.