ANALISIS PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BACA TULIS AL QUR’AN (BTA)

Authors

  • Muhammad Nawafil Akbar Mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Siminto Dosen Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.914

Keywords:

Pembelajaran, baca tulis Al Qur’an

Abstract

Salah satu unsur yang harus dilestarikan dan dijaga melalui kegiatan pendidikan adalah nilai, tradisi, budaya, keterampilan dan konsep yang berlaku pada masyarakat. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah menggulirkan perubahan kurikulum dengan menambahkan mata pelajaran muatan lokal. Melalui pembelajaran muatan lokal diharapkan peserta didik, tidak saja memiliki pengetahuan akademis berupa pengetahuan yang bersifat global sebagaimana diharapkan, tetapi juga mempunyai kepedulian terhadap nilai-nilai sosio-kultural yang melingkupi pesertadidik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian library research atau penelitian pustaka. Jadi yang dimaksud dengan pendidikan muatan lokal Baca Tulis Al-Qur'an adalah  kompetensi dan potensi daerah yang dituangkan kedalam suatu muatan pendidikan yang mempelajari tentang membaca dan menulis Al-Qur'an sesuai dengan ilmu tajwid. Di dalamnya juga diajarkan tentang adab-adab dalam membaca dan menulis Al-Qur'an

References

Abuddin Nata, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (Tafsir Al-Ayat Al-Tarbawiy) (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, Agustus 2010),

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian “Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta Rineka Cipta. 2018),

E. Murlyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah, (Cet. Ke-3; Jakarta: PT Bumi Aksara,2009),

Ernawati Raharap Dkk,, Inovasi Kurikulum, (Pekalongan, Nem, 2022), Hal. 124

Fathoni Abdurrahmat, Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2016)

Hamid Darmadi, Pengantar Pendidikan Era Globalisasi, (Animage, 2019,) Hal. 211

Jamal Ma’mur Asmani, Tips Efektif Aplikasi KTSP Di Sekolah, (Jogjakarta: Bening, 2010),

Leny Noviani Dkk, Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Keunggulan Dan Potensi Daerah Jenjang Sekolah Dasar Kabupaten Sragen, (Klaten, Lakeisha, 2022),

Masluhuddin, “Manajemen Kurikulum Muatan Lokal Di Mts Al-Nahdlah Depok” Karya Ilmiah Yang Di Ujikan Pada Siding Munaqasah Oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14 Juli 2020,

Muhammad Ali,.Strategi Penelitian Pendidikan. (Bandung: Angkasa. 2019),

Muhammad Nasir, Pengembangan Kurikulum Muatan Local Dalam Konteks Pendidikan Islam Di Madrasah, Jurnal Studi Islamika, Vol. 10, No. 1, Juni 2013: 1-18,

Mursal Aziz, Zulkipli Nasution, Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an, (Medan, CV. Pusdikra Mj, 2020),

Nidha Nur Latifah, Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Sdn Sambiroto 01 Semarang, Jurnal Pendidikan Dasar Doi: Doi.Org/10.21009/Jpd.010.15,

Prasetyo Prayogo, Dkk, Bersama Menghadapi Kebiasaan Baru (Menjawab Persoalan Masyarakat Dalam Regulasi Baru Di Era Disrupsi, (LP2M UIN SGD Bandung),

Sumarji Dan Rahmatullah, “Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an“, Jurnal Ta’limuna, 1 (Maret 2018),

Sumiyati, Minat Siswa Dalam Kurikulum Muatan Local, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , Vol 16, No 2, Maret 2010, Hal

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Muhammad Nawafil Akbar, & Siminto. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BACA TULIS AL QUR’AN (BTA) . Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 268–273. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.914

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.