ANALISIS KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Authors

  • Fety Fatiah Rahmah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Anisa Mawadah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i2.256

Keywords:

Keterampilan berbahasa, komunikasi matematis, perbedaan gender

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbahasa dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang di tinjau berdasarkan gender.  kemampuan komunikasi matematis  yang akan diteliti adalah kemampuan komunikasi dalam bentuk  kemampuan menggambar (drawing), Ekspresi matematika (mathematical expression), dan menulis (written texts). Dan keterampilan berbahasa yang akan diteliti adalah keterampilan menulis dan berbicara. Subjek dalam penelitian ini sebanyak satu siswa laki-laki (LL) dan satu siswa perempuan (PP) Yayasan Gemah Ripah Kuningan Kelas III. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan Analisis data untuk mendeskripsikan hasil penyelesaian soal tertulis mengenai keterampilan berbahasa dan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik tes, wawancara, observasi dan pengkajian dokumen. Hasil penelitian adalah: dalam komunikasi matematis, siswa laki-laki lebih baik dalam kemampuan visualisasi serta pengorganisasian informasi dan perempuan lebih teliti dalam merepresentasikan ide matematis. Lalu dalam keterampilan berbahasa, siswa perempuan lebih verbal ketimbang siswa laki-laki. Namun siswa laki-laki lebih baik dalam menjaga kontak mata dengan lawan bicara ketimbang siswa perempuan.

References

Akhyar, F. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1(1), 77–90. http://proceeding.stkippgribl.ac.id/index.php/semnas/article/view/7%0A

Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., Worth, J. E., Thomason, G. M., Robinson, B., & Payne, J. N. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal Ashri.

Husamah, Restian, A., & Widodo, R. (2019). Pengantar PENDIDIKAN. UMMPress.

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880

pertiwi, R., D., & Siswono, T., Y., E. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Ditinjau dari Gender. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 26–36. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/

Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai Dengan Gaya Kognitif Dan Gender. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131–142. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.28

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42

Sulistiyawati, S., & Andriani, C. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Perbedaan Gender Siswa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 127–142. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1289

Tambunan, P. (2018). PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Curere, 2(1).

Wulandari, S. (2022). Kajian tentang Perbedaan Kemampuan Menulis Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Mendeskripsikan Orang. Universitas Negeri Padang.

Zulkarnain, S. I. dan N. F. (2018). Perbedaan Gaya Bahasa Laki-Laki dan Perempuan pada Penutur Bahasa Indonesia dan Aceh. Gender Equality : International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 159–172.

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

Fety Fatiah Rahmah, Anisa Mawadah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). ANALISIS KETERAMPILAN BERBAHASA DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(2), 6–11. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i2.256

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.