IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TIK DALAM PENINGKATAN LITERASI DIGITAL SISWA SDN 6 DESA PECATU

IMPLEMENTATION OF LEARNING ICT IN IMPROVING DIGITAL LITERATURE STUDENTS OF SDN 6 PECATU VILLAGE

Authors

  • I Kadek Budi Sandika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • I Kadek Agus Bisena Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Maria Osmunda Eawea Monny Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i2.222

Keywords:

literasi digital, TIK, teknologi pembelajaran, peningkatan kemampuan siswa

Abstract

Perkembangan teknologi industri 4.0 yang berdampak pada disrupsi teknologi pada berbagai bidang, contohnya bidang pendidikan. Dengan memahami literasi digital tentang implementasi teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan tentunya teknologi dapat menjadi pendukung utama dalam proses pembelajaran di sekolah khususnya pada SDN 6 Desa Pecatu. Siswa telah mendapatkan fasilitas untuk pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi khususnya komputer dasar. Namun belum dimaksimalkan dikarenakan kemampuan dan kecakapan siswa dalam menggunakan aplikasi masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi kepada guru dan siswa dalam mengetahui aplikasi pendukung proses pembelajaran yaitu Microsoft office word. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan responden 15 siswa kelas V dan VI SD N 6 Desa pecatu. Hasil penelitian dengan menerapkan tahapan implementasi TIK pada bidang pendidikan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kecakapan siswa dalam penggunakan teknologi serta peningkatan wawasan terhadap literasi digital.

 

 

References

R. R. Tjandrawinata, “Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi,” J. Med., vol. 29, no. 1, pp. 31–39, 2016.

S. Supriyanto, “Strategi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa”.

I. Fadlurrohim, A. Husein, L. Yulia, H. Wibowo, and S. T. Raharjo, “Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0,” Focus J. Pekerj. Sos., vol. 2, no. 2, pp. 178–186, 2019.

H. Suharyati and Y. E. Patras, “PENINGKATAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK TENAGA PENGAJAR PAUD DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN MELALUI KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL DI WILAYAH KOTA BOGOR,” J. Difusi, vol. 2, no. 2, pp. 11–17, 2019.

I. I. Supianti, “Pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran matematika,” MENDIDIK J. Kaji. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 4, no. 1, pp. 63–70, 2018.

L. Acklen, Absolute Beginner’s Guide to Microsoft Office Word 2003. Que Publishing, 2004.

L. Marlinda, F. Aziz, A. Anton, T. A. Tutupoly, R. Amin, and W. Windugata, “Optimalisasi Media Pembelajaran Microsoft Word untuk Menunjang Pembelajaran Online,” Dedik. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 112–118, 2021.

I. K. B. Sandika, I. N. S. W. Wijaya, and I. P. A. Pratama, “Pelatihan Aplikasi Microsoft Word Dan Mendeley untuk Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka Otomatis Bagi Guru di SMA Negeri 1 Kuta Selatan,” WIDYABHAKTI J. Ilm. Pop., vol. 1, no. 2, pp. 42–46, 2019.

I. M. A. B. Saputra and N. W. Deriani, “Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sederhana Kepada Anak Usia Sekolah Dasar,” WIDYABHAKTI J. Ilm. Pop., vol. 1, no. 1, pp. 113–117, 2018.

R. Z. Fajriyah and A. Prastowo, “Implementasi Pembelajaran TIK Dengan Penggunaan Microsoft Word Untuk Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas IV SD Islam Terpadu,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 8, no. 1, 2022.

C. O. Amri, A. K. Jaelani, and H. H. Saputra, “Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik: Studi Pembelajaran Menggunakan E-Learning,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 6, no. 3, pp. 546–551, 2021.

Y. Rahmawati and H. Suharyati, “Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembuatan Bahan Ajar Multimedia,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 8, no. 2, pp. 977–984, 2022.

R. Mardina, “Literasi digital bagi generasi digital natives,” 2017.

E. Eryansyah, E. Erlina, F. Fiftinova, and A. R. I. NURWENI, “EFL Students’ Needs of Digital Literacy to Meet the Demands of 21stCentury Skills,” Indones. Res. J. Educ. IRJE|, pp. 442–460, 2019.

S. Majumdar, “Modelling ICT development in Education.” International Centre, Bonn, Germany: UNESCO-UNEVOC. Retrieved from http …, 2009.

A. Asmawi, S. Syafei, and M. Yamin, “Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi,” 2019.

N. L. W. S. R. Ginantra et al., Basis Data: Teori dan Perancangan. Yayasan Kita Menulis, 2020. [Online]. Available: https://kitamenulis.id/2020/10/08/basis-data-teori-dan-perancangan/

M. Hennink, I. Hutter, and A. Bailey, Qualitative research methods. Sage, 2020.

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

I Kadek Budi Sandika, I Kadek Agus Bisena, & Maria Osmunda Eawea Monny. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TIK DALAM PENINGKATAN LITERASI DIGITAL SISWA SDN 6 DESA PECATU: IMPLEMENTATION OF LEARNING ICT IN IMPROVING DIGITAL LITERATURE STUDENTS OF SDN 6 PECATU VILLAGE. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i2.222

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.