ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS II SD KURIKULUM 2013 TEMA 3
DOI:
https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i2.260Keywords:
Pendekatan saintifik, pembelajaran tematik, kurikulum 2013Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah semua tema pembelajaran yang terdapat di dalam buku tematik siswa kelas II SD kurikulum 2013 tema 3 “Tugasku Sehari-Hari” sudah sesuai dengan pendekatan saintifik atau masih ditemukan beberapa langkah pembelajaran yang tidak sesuai dengan pendekatan saintifik. Metode penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan kualitatif dengan sumber utama dalam penelitian ini yaitu buku tematik siswa kelas II SD kurikulum 2013 tema 3 “Tugasku Sehari-Hari” penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017 dan sumber data yang mendukung dalam penelitian ini yaitu buku, jurnal, artikel, website, dan sumber lainnya. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa buku tematik siswa kelas II SD kurikulum 2013 tema 3 “Tugasku Sehari-Hari” telah memuat aspek-aspek pendekatan saintifik. Adanya aspek-aspek pendekatan saintifik di dalam buku ajar dapat menjadikan kegiatan proses pembelajaran menjadi aktif dan inovatif karena pendekatan saintifik ini merupakan pendekatan yang dijadikan oleh guru untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang dimana guru dituntut untuk menggunakan pendekatan saintifik di dalam proses pembelajarannya terlebih pada mata pelajaran tematik, dan peserta didik juga harus bersifat student centered learning.
References
Gurupendidikan. (2022, Mei Sabtu). Gurupendidikan.com. Retrieved from Gurupendidikan.com: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-pendidikan/
Hadi, S., Chaer, M. T., & Surur, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Tematik Anak Usia Dini. Klaten: Tahta Media.
Hayati, R. (2021, November Jum'at). Penelitianilmiah.com. Retrieved from Penelitianilmiah.com: https://penelitianilmiah.com/penelitian-kepustakaan/
Lestari, E. T. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Sleman: Deepublish.
Lubis, M. A., & Azizah, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Mardiyana, I. I., & Pritasari, A. C. (2019). Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Kelas IV Tema 4 "Berbagai Pekerjaan" Ditinjau dari Implementasi Pendekatan Saintifik. Widyagogik, 11-12.
Moh.Masnun. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 3, 95.
Purnomosidi. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 3 Tugasku Sehari-hari (Buku Siswa SD/MI Kelas II). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. Journal of Teaching in Elementary Education, 61-62.
Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Sukmaya, R. A., Sulistiani, I. R., & Dewi, M. S. (2020). Analisis pendekatan saintifik pada buku tematik siswa kelas 3 SD/MI tema 6 revisi 2018. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 212-213.
Sukmaya, R. A., Sulistiani, I. R., & Dewi, M. S. (2020). Analisis Pendekatan Saintifik pada Buku Tematik Siswa Kelas 3 SD/MI Tema 6 Revisi 2018. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 228.
Yogyakarta, P. U. (2018, Juni Rabu). pgsd.upy.ac.id. Retrieved from pgsd.upy.ac.id: https://pgsd.upy.ac.id/index.php/8-artikel-pendidikan/