PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN DASAR BERBASIS PADA SISTEM PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING

DEVELOPMENT OF BASIC EDUCATION TEXTBOOK BASED ON QUANTUM TEACHING LEARNING SYSTEM

Authors

  • Agus Wijaksono Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi
  • Andi Wapa Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i1.217

Keywords:

Pengembangan, Pendidikan Dasar, Quantum Teaching

Abstract

 

Penerapan dan penggunaan bahan serta buku ajar penting untuk memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dengan kondisi dan lingkungan para siswa. Dalam artikel ini bermaksud untuk melakukan pengembangan bahan ajar dengan sister Teaching Quantum agar terjadi kesesuaian dengan kebutuhan peserta didik, guru element pendidikan lain di sekolah guna maksud dan tujuan serta indikator pembelajaran bisa dicapai dan terpenuhi. Research an development digunakan dalam penelitian ini guna menemukan jawaban dari tujuan di atas dengan menggunakan pendekatan dan langkah sebagai berikut, Penelitian dan penggolongan data, Perencanaan, pengembangan bahan ajar, kegiatan pembelajaran, instrumen juga evaluasi, praktik lapangan, revisi hasil dari uji coba, Ujian lapangan, kualitas produk nilai uji coba, Uji implementasi di lapangan, kualitas produk yang terakhir, Implementasi. Hasil penelitian ini didapat data: pertama, evaluasi dari pakar Bahasa memperoleh nilai 80%, (2) evaluasi dari pakar Media didapat nilai 75.20%. Simpulan, buku ajar pendidikan dasar  bersistem pada pembelajaran quantum bisa di aplikasikan di kelas 7 semester I SLTP di Kab. Malang

 

 

References

A‟la, M. 2010. Quantum Teaching (buku pintar dan praktis). Jogjakarta: Diva Press

Borg W . R, & Gall M. D.,1983. Educational Researchan Introduction. Fourt Edition. New York. Longman

Budiyono, Kodrad. 2011. Perbedaan pengaruh pendekatan dan pembelajaran dan kemampuan gerak terhadap hasil belajar sepak dantahan bola dalam permainan sepakbola. (jurnal)

Deporter, Bobbi. 2010. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa

Dwiyogo, D, Wasis. 2008. Aplikasi Teknologi Pembelajaran Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga. Malang: DepDikNas. Universitas Negeri Malang.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hidayah, Rahmi. . Penerapan Model Quantum Teching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 145 Pekanbaru. (jurnal)

Mila, Anggela Dkk. 2013. Pengembangan Buku Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Pada Materi Usaha Dan Momentum Untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA. (jurnal)

Pontjopoetro, Soetoto. Dkk. 2003. Permainan Anak Tradisional Dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rusniati. . Mengubah Energi Menjadi Cahaya Keikhlsan Dengan Metode Quantum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 2 Surabaya.(jurnal)

Soejoedi, Imam. 1979. Permainan dan metodik II. Jakarta:Terate

Sudjana & Rifa‟i. 2002. Media Pengarjaran. Bandung: Sinar Algesindo

Sudjana. 1990. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (pendekaan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suherman, Adang. 2000. Dasar-Dasar Pejaskes. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Downloads

Published

2022-07-07

How to Cite

Agus Wijaksono, & Andi Wapa. (2022). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN DASAR BERBASIS PADA SISTEM PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING: DEVELOPMENT OF BASIC EDUCATION TEXTBOOK BASED ON QUANTUM TEACHING LEARNING SYSTEM. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(1), 86–92. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i1.217

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.