PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN OBJEK WISATA DAN PANTAI

Authors

  • Shania Salsabila Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Syifa Aulia Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i2.262

Keywords:

Pembelajaran IPA, Media, Objek Wisata dan Pantai

Abstract

Pantai Pancer Door merupakan tempat yang sangat digemari oleh semua kalangan, dari orang tua sampai kanak-kanak. Selain obyek wisata yang ada, kawasan yang luas, dan beberapa tempat untuk berolahraga, serta adanya tempat jual beli yang sangat ramai dan tempat pembelajaran bagi peserta didik menjadi bagian konsep-konsep dalam pembelajaran Kelebihan dari obyek wisata pantai Pancer Door adalah memiliki ombak yang sangat besar. Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata kuliner kawasan pantai Pancer Door juga menyediakan warung-warung di sekitar area pantai dan juga tersedia banyak fasilitas pendukung lainnya. Obyek wisata dapat dimanfaatkan untuk pelajar melakukan pembelajaran di ruang terbuka. Seperti halnya para nelayan yang sedang mencari ikan, peserta didik bisa langsung melihat bagaimana para nelayan menangkap ikan, dan jenis biota laut apa saja yang ditangkap. Kemudian untuk penanaman tumbuhan mangrove yang ada di sekitar pesisir pantai, yang dapat mencegah abrasi pantai. Penerapan pembelajaran menggunakan media obyek wisata pantai Pancer Door sebagai salah satu alat bantu pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, guru haruslah memanfatkan lingkungan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kedekatan peserta didik dengan sumber belajar yang bersumber dari lingkungan hingga budaya menjadi hal yang menarik.

References

Amalia, A. Z. (2014). Pemanfaatan Potensi Wilayah Pesisir Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMPN 4 Nguling Pasuruan. 7.

Fuad, Z. R. (2014). Pengembangan Fasilitas Wisata Di kawasan Pantai Pancer Door Kabupaten Pacitan.

Hendra, P. M. (2021). Rancangan Konten Pembelajaran Geografi Pariwisata Berbasis Wisata Pantai Botutonuo Berintegrasikan Photography Essay.

Mahendrani, K. &. (2015). Pengembangan Booklet Etnosains Fotografi Tema Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa SMP. 870.

Pacitan, S. N. (2021). Penanaman Mangrove Di Pancer Door Oleh Siswa SMKN 3 Pacitan Bersama Bapak Bupati Pacitan.

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

Shania Salsabila, Syifa Aulia, & Dede Indra Setiabudi. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN OBJEK WISATA DAN PANTAI. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(2), 20–26. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i2.262

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.