PERSEPSI ORANG TUA PADA PERAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI ERA COVID-19

Authors

  • Maryam Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupensi.v1i3.246

Keywords:

Persepsi, orang tua, peran internet, Hasil belajar, Pandemi Covid-19

Abstract

Orang tua memiliki persepsi terhadap pembelajaran di masa Covid-19 oleh sebab itu munculnya internet pada pembelajaran membuat orang tua peserta didik mempunyai kekhawatiran tersendiri terhadap peranan internet dalam hasil belajar peserta didik. Maka dari itu pada penelitian di dalam jurnal ini peneliti mencoba menggali persepsi orang tua dengan metode wawancara dan pengumpulan data berupa dekripsi kualittatif dengan pendekatan induktif dan teknik analisa naratif. Persepsi yang didapat dengan adanya peran internet dalam hasil belajar peserta didik adalah bahwa banyak orang tua yang mengeluhkan hasil belajar peserta didik turun karena penyalahgunaan internet dan kurangnya pendampingan orang tua dalam proses belajar mengajar di rumah sebab banyak kendala yang di dapatkan dengan adanya penggunaan internet. Salah satu faktor kendala adalah tidak semua orang tua paham penggunaan internet, kurangnya kuota dan signal yang tidak memungkinkan sehingga banyak miscommunication antara pengajar dan peserta didik. Terlebih lagi banyak peserta didik yang malas untuk mengerjakan tugas rumah dan mengandalkan orang tua serta internet .

References

Munir. (2012). Multi Media Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Riduwan. (2003). Dasar-Dasar Statistika. Bandung:Alfabeta

Salma, Dewi Prawiradilaga dkk. (2004). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Munir.

Siti, N., & Siregar, S. (2013). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik, 1(1), 11–27. Http://Ojs.Uma.Ac.Id/Index.Php/Jppuma.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pgri Madiun. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun, 8, 81–86.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitiaan Tindakan Komprehensif. Alfabeta. Syafrida, S., &

Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 Di Indonesia. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 495–508. Https://Doi.Org/10.15408/Sjsbs.V7i6.15325.

Downloads

Published

2021-12-10

How to Cite

Maryam, & Dede Indra Setiabudi. (2021). PERSEPSI ORANG TUA PADA PERAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI ERA COVID-19. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 1(3), 31–34. https://doi.org/10.55606/jupensi.v1i3.246

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.