Dampak Perilaku Perundungan Dan Pencegahannya Terhadap Siswa SMP Negeri 27 Medan

Authors

  • Fauziah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lannia Rojannah Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizka Aulia Yanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dinda Asmidar Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mhd Yogi Heriawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1491

Keywords:

Bullying; Emosi; Victim

Abstract

Bullying merupakan salah satu dari aspek yang memunculkan kecenderungan emosional. Salah satu akibat dari bullying itu hingga terbentuklah bermacam berbagai wujud emosi pada anak baik kepada bullying ataupun juga korban( victim). Dengan strategi riset ialah riset permasalahan ini yang bertujuan buat mendapatkan data tentang wujud emosi Bullying serta korban( Victim) dalam wujud tingkah laku siswa.

 

Bersumber pada hasil riset ini wujud emosi yang ditimbulkan sikap bullying ialah awal mulanya pelakon mempunyai ciri mau menampilkan dirinya serta memperoleh atensi orang lain, tetapi kala sang pelakon memandang sahabat nya yang mempunyai keahlian lebih dari ia hingga wujud emosi yang di timbulkan nya merupakan benci. Rasa benci yang di timbulkan tersebut malah menyakiti serta menimbulkan sikap Bullying.

Begitu pula kebalikannya seseorang sahabat yang sebelumnya di bully( Victim) mempunyai ciri temperamen yang besar serta keras kepala, sehingga wujud emosi yang di timbulkan merupakan kasar, impulsif serta keinginan buat balas dendam kepada sahabat yang menyakitinya. Buat menindak lanjuti wujud emosi Sikap Bullying serta korban( Victim) hingga memerlukan kedudukan Guru Tutorial Konseling di sekolah. Guru Bk wajib membuat program layanan tentang menghindari terbentuknya Bullying di sekolah, semacam layanan tutorial kelompok, konseling kelompok, tutorial klasikal dan membagikan tutorial individual kepada sikap ataupun juga korban yang ikut serta permasalahan Bullying. Guru BK pula bisa memakai kecanggihan tekhnologi buat melaksanakan program semacam memakai media vidio- vidio animasi yang berkaitan dengan bullying dan membagikan akibat yang di timbulkan dari sikap bullying maupun korban( Victim).

References

Nurasih, E. 2022. Dampak Perilaku Bullying Terhadap Kesehatan Mental (Studi Kasus Anak Usia 9-10 Tahun Di Desa Jiwan).

Priyatna, A. 2002. Lets End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Elex Media Komputindo.

Riani. 2021. Pentingnya Dukungan Untuk Korban Bullying. Pustaka tama ilmu.

Rojab, B. 2022. KPAI Beberkan Kasus Kekerasan di Sekolah Selama 2022,. https://www.inews.id/new/nasional/kpai- beberkan-kasus-kekerasan-di-sekolah- selama-2022-ada-guru-suruh-murid- makan-pelastik

Roland, E. 2006. Teacher’s to the zero anti- bullying programme center for behavioral research, universitiy of stavanger (centre for behavioral research). university of Stavanger.

Sapitri, Widia Ayu. 2020. Cegah dan stop Bullying sejak dini. Guepedia. www.guepedia.com

Sari, Ika Puspita. 2019. Kontruksi Sosial Perilaku keagamaan siswa. UMSurabaya. http://www.p3i.um-surabaya.ac.id

Alwi, S. 2020. Perilaku Bullying Di Kalangan Santri Dayah Terpadu Kota Lhokseumawe. Pusdikara Mitra Jaya.

Atkinson, M., & Hornby, G. 2015. Mental health handbook for schools. Routledge.

Elvigro, P. 2014. Secangkir kopi bully: Memoar tentang bullying dan secuil tip inspiratif. PT Elex Media Komputindo.

Hasan, S. S. 2012. Pendidikan Cerdas: Suatu penekatan sosiologis-Emanispatoris, 1st ed.. Pustaka Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KTD).

Hastuti, R., Soetikno, N., & Heng, P. H. 2022. Remaja Sehatera Remaja Nasionalis. IKAPI.

Khairan, M., & salahudin, N. H. 2019. Teras Literasi “ Kumpulan coretan mahasiswa fakultas kedokteran universitas syiah kuala, 1st ed. Syiah Kuala university Press. http://www.unsyiahpress.unsyiah.ac.id

Kurnia, I. 2016. Bullying. Relasi Inti Media. www.bukurelasi.com

Munawarah, R. R. D. 2022. Dampak Bullying Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus) Di Raudhatul Athfal Mawar Gayo. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 15–32.

Nasution, F. S. 2021. Kasus Bullying Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Kesehatan Mental Anak Usia Dini. Mubtada, 4.

Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. 2022. Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685–691.

Nurasih, E. 2022. Dampak Perilaku Bullying Terhadap Kesehatan Mental (Studi Kasus Anak Usia 9-10 Tahun Di Desa Jiwan).

Priyatna, A. 2002. Lets End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Elex Media Komputindo.

Riani. 2021. Pentingnya Dukungan Untuk Korban Bullying. Pustaka tama ilmu.

Rojab, B. 2022. KPAI Beberkan Kasus Kekerasan di Sekolah Selama 2022,. https://www.inews.id/new/nasional/kpai- beberkan-kasus-kekerasan-di-sekolah- selama-2022-ada-guru-suruh-murid- makan-pelastik

Roland, E. 2006. Teacher’s to the zero anti- bullying programme center for behavioral research, universitiy of stavanger (centre for behavioral research). university of Stavanger.

Sapitri, Widia Ayu. 2020. Cegah dan stop Bullying sejak dini. Guepedia. www.guepedia.com

Sari, Ika Puspita. 2019. Kontruksi Sosial Perilaku keagamaan siswa. UMSurabaya. http://www.p3i.um-surabaya.ac.id

Wiyani, N. A. 2012. Save Our Children From School Bullying, 1st ed.. Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Fauziah Nasution, Lannia Rojannah Siregar, Rizka Aulia Yanda, Dinda Asmidar Tanjung, & Mhd Yogi Heriawan. (2023). Dampak Perilaku Perundungan Dan Pencegahannya Terhadap Siswa SMP Negeri 27 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 144–154. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1491