PENGUATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU SD/MI MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI QUR’ANI

Authors

  • Hasnah Dini Nurfatih Institut Agama Islam Az-zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-zaytun Indonesia (IAI AL-AZIS)

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupensi.v1i3.244

Keywords:

kompetensi kepribadian, guru, Nilai-nilai Qur,ani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi kepribadian guru dengan menanamkan nilai-nilai Qur’ani. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data bersifat dokumentasi. Pembahasan dalam penelitian mengenai kompetensi kepribadian guru berdasarkan Undang-undang, faktor-faktor yang mempengaruhi keribadian, dan indikator seorang guru dapat dikatakan berkompeten secara kepribadian, kemudian juga konsep nilai-nilai yang terkandung dlam Al-Qur’an yang dijadikan dasar untuk menguatkan kepribadian seorang guru. kesimpulan dalam penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa penguatan kepribadian guru sangat penting untuk dilakukan mengingat kedudukanya dalam pendidikan begitu fundamental. Kepribadian guru yang baik akan lebih berpeluang besar dalam melahirkan dan membentuk kepribadian-kepribadian yang baik pula. Maka dari itu Indikator-indikator dalam kompetensi kerpibadian harus di landasi oleh nilai-nilai yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadist.

References

Aristyasari, Y. F., Azhar, C., & Galihaningtresna, W. N. (2022). Model Pendidikan Qur'ani dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional. Journal of Islamic Education, 5 (1), 117.

Barni, M. (2011). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an. Yogyakarta: Pustaka Prima.

Ibda, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru SD/MI melalui Menulis di Media. Jurnal Tarbawi, 14 (1), 51-52.

Lubis, R. R. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam , 5 (2), 11-12.

Nahar, S. (2017). Standar Kompetensi Kepribadian Guru. Yogyakarta: Atap Buku.

Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perpektif Al-Qur'an. Prenada Media.

Nurhartanto, A. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur'an Surat Ali Imran Ayat 159-160. Jurnal Studi Islam , 16 (2), 161-162.

Nursalim. (2017). Profesionalisme Guru SD/MI. Jurnal Pendidikan, 20 (2), 252.

Roqib, M., & Nurfuadi. (2020). Kepribadian Guru. Yogyakarta: CV. Cinta Buku.

Rosyida, N. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Al-Qur'an Surat Ar-Rahman Ayat 1-4. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang

Taufik, B. (2021). Penguatan Kompetensi Kepribadian Guru Melalui Nama Allah Al-Shamad. Jurnal ilmu Islam, 5 (2), 323-324.

Ubaidillah, M. F. (2018). Sifat dan Kepribadian Guru PerspektifAl-Qur,an Surat Al-Mudassir Ayat 1-7. Jurnal Pemikiran, pendidikan dan Pemikiran Ke-Islaman, 4 (2), 19-53.

Utami, N. A. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Qur'ani dalam Membangun Karakter Siswa SMPIT Harapan Ummat Purbalingga. Skripsi. Purwokerto: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwekerto.

Downloads

Published

2021-12-10

How to Cite

Hasnah Dini Nurfatih, & Dede Indra Setiabudi. (2021). PENGUATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU SD/MI MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI QUR’ANI. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 1(3), 25–30. https://doi.org/10.55606/jupensi.v1i3.244

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.