ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEMATIK KELAS III TEMA BENDA DI SEKITARKU

Authors

  • Annimah Imani Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Aulia Fahriza Hasanah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i1.239

Keywords:

Pendidikan, karakter, nilai karakter

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang. Pendidikan karakter sebaiknya ditanamkan sejak usia dini agar mudah dalam membentuk kepribadian anak. Pendidikan karakter sebaiknya sudah dimaksimalkan pada usia sekolah dasar. Karena pada usia sekolah dasar merupakan usia dimana siswa meniru dan merekam apa yang ia pelajari atau dapatkan. Selain itu pada usia sekolah dasar siswa sedang berada pada tahapan operasional konkret, siswa memandang dunia secara nyata. Oleh karena itu pendidikan karakter ini sangat penting untuk kita tanamkan kepada siswa, agar terbentuk kepribadian yang baik, berakhalak mulia dan menjungjung tinggi nilai-nilai keagamaan.   Maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menunjukan dan mendeskripsikan muatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku siswa kelas III sekolah dasar tema 3 Benda di Sekitarku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitati deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu studi pustaka, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik membaca, menyimak dan mencatat. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu (Content Analysis).  Adapun hasil penelitian ini yaitu pada buku tematik siswa kelas III sekolah dasar tema 3 Benda di Sekitarku terdapat 13 nilai karakter yaitu nilai religius, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, komutikatif, cinta damai, gemar membaca, nilai peduli lingkungan dan nilai sosial. Simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dari 18 nilai karakter, terdapat 13 karakter yang ada pada buku tematik siswa kelas III tema 3 Benda di Sekitarku, maka nilai karakter yang tidak terdapat pada buku siswa menjadi tugas guru untuk menerapkannya dalam pembelajaran.

References

ammar, E. k. (2020). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Jurnal DIKDAS BANTARA, 242.

Bahri, S. (2011). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Islam Futura, 19.

Erwanto. (2019). Penerapan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. al-Bahtsu, 73.

Fifa, A., Rustopo, & Anggun, P. D. (2019). Analisis Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Tema Cita-citaku. IVCEJ, 44.

Hadi, I. A. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Lembaga Formal. Jurnal Inspirasi, 4-8.

Harini, A. P., & Wuri, W. (2017). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 227.

Inanna. (2018). Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jekpend, 28.

Khalifah, N. (2020). Analisis Nilai Karakter Pada Buku Tematik Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita. Purwokerto: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rakhmat, J. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rizki , K., & Irsyadillah. (2018). Analisis Nilai Karakter dalam Teks Cerita Buku Pelajaran Siswa Sekolah Dasar. Master Bahasa, 105.

Samani, M. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 123-124.

Suyitno, & Hadi , U. R. (2016). Relevansi Tema Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Muatan Kurikulum Lokal-Nasional. MALIH PEDDAS, 133.Zubaedah, S. (2016). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Kota Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 55-68.

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

Annimah Imani, Aulia Fahriza Hasanah, & Dede Indra Setiabudi. (2021). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEMATIK KELAS III TEMA BENDA DI SEKITARKU. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i1.239

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.