UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL : STUDI KASUS MI HIDAYATULLAH 2

Authors

  • Fiddini Hilwa Sukma Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Anisa Nur Fitria Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i1.240

Keywords:

Video Tutorial, Media Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyyah

Abstract

Rintangan yang dihadapi pendidik dalam mengajarkan materi Bahasa Inggris adalah membuat peserta didik mudah memahami kosakata dan juga aturan dalam penyusunan kalimat dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan khususnya di kelas 3 MI Hidayatullah II, materi Bahasa Inggris belum dapat tersampaiman dengan baik jika hanya mengandalkan media pembelajaran buku LKS (Lembar Kerja Siswa). Maka dari itu penelitian ini diharapkan dapat menjadi media lain dalam proses penyampaian materi Bahasa Inggris bagi siswa kelas 3 MI Hidayatullah II. Hasil yang diperoleh yaitu media video tutorial ini dapat membantu peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan, karena peserta didik dapat melihat langsung gambaran dari materi yang tertera dalam buku LKS dengan metode yang lebih menarik dan mudah dimengerti.

References

Ahmad Fahrurrozi Aziz. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Gambar Bangunan di SMK N 1 Seyegan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Snelson, C. (2011). Youtube across the Disciplines: A Review of Literature. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching Vol. 7, No. 1, March 2011.

Borg, W.R. et al. (2002). Educational Research: An Introduction (seventh edition). New York and London : Longman Inc

Era, S., Informasi, T., & Perancangannya, D. A. N. (2019). Media Pembelajaran.

Siti, I. S. & Pekayon N. (2022). Pelatihan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris dengan menerapkan Model pembelajaran face to face bagi siswa MI di kelurahan pekayon jaya kota bekasi. Jurnal pendidikan.

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

Fiddini Hilwa Sukma, Anisa Nur Fitria, & Dede Indra Setiabudi. (2021). UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL : STUDI KASUS MI HIDAYATULLAH 2. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i1.240

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.