PENYULUHAN SEX EDUCATION DALAM MENCEGAH KEJAHATAN SEXUAL PADA ANAK DI SDN 5 RANCAIRUNG

Authors

  • fitriyani Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Syifa Kolbiyah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i1.238

Keywords:

Sex Education, Pendidikan

Abstract

Kekerasan sexual terjadi pada anak dikarenakan anak tidak mengetahui belum mendapatkan pendidikan seks. pendidikan seks pada anak usia sekolah dasar tidak mengajarkan mengenai prilaku seksual orang dewasa melainkan membahas seputar perbedaan gender dan fungsi organ reproduksi serta membekali anak keterampilan untuk memilih tindakan yang diambil, meningkatkan kemampuan untuk menentukan sikap saat menghadapi sebuah situasi. Penyuluhan sex education kepada anak menjadi salah satu solusi dalam menyampaikan hal tersebut. Penyuluhan ini dilakukan di SDN 5 Rancairung yang beralamat di Kp Ciajag Desa Tanjung jaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat dan diikuti oleh 16 orang peserta menggunakan, video, LCD proyektor, speaker dan selembaran. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, Tanya jawab dan pelatihan melindungi diri dari orang yang ingin berbuat jahat. Diikuti dengan Pre Test dan Post Test melalui kuesioner. Hasil Pre Test menunjukan siswa tidak banyak mengetahui tentang organ reproduksi dan fungsinya serta cara mencegah kekerasan seksual, Namun setelah diberikan edukasi terjadi peningkatan pengetahuan peserta yang cukup sebanyak 13 orang (81, 25%). Diharapkan kegiatan pengabdian ini dapat bermanfaat bagi SDN 5 Rancairung.

References

Arif Himawan, L. A. (2013). PENANGGULANGAN PORNOGRAFI DI INTERNET: TINJAUAN HUKUM DAN TEKNOLOGI. TEKNOMATIKA, 83-90.

Budi Astuti, S. S. (2017). Teachers, The Development of Early Childhood Sex Education Materials for Early Childhood Education (ECE). Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 113-120.

Ermaya Sari Bayu Ningsih, S. H. (2018). KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK DI KABUPATEN KARAWANG. Jurnal Bidan "Midwife Journal", 56-65.

Hikmah, S. (2017). MENGANTISIPASI KEJAHATAN SEKSUAL TERHADAP ANAK MELALUI PEMBELAJARAN “AKU ANAK BERANI MELINDUNGI DIRI SENDIRI”: Studi di Yayasan al-Hikmah Grobogan. SAWWA, 12.

Justicia, R. (2016). PROGRAM UNDERWEAR RULES UNTUK MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 217-232.

Justicia, R. (2017). PANDANGAN ORANG TUA TERKAIT PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan : EarlyChildhood, 1-10.

Mahyani, A. (2017). PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM PERSEFEKTIF ISLAM. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi.

Mudzdaliffah, Z. A. (2012). PROGRAM PENDIDIKAN SEKS UNTUK MENINGKATKANPROTEKSI DIRI DARI EKSPLOITASI SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI. Perspektif Ilmu Pendidikan , 1-6.

Nadya Charisa Suhasmi, S. I. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 164-174.

Nur Eni Lestari, I. H. (2020). Implementasi Pendidikan Seksual Sejak Dini Melalui Audio Visual . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia Maju, 29-33.

Sarah Emmanuel Haryon, H. A. (2018). Implemetasi Pendidikan Sex Pada Anak Usia Dini Di Sekolah. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 24-34.

Zubaedah, S. (2016). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Kota Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 55-68.

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

fitriyani, Syifa Kolbiyah, & Dede Indra Setiabudi. (2021). PENYULUHAN SEX EDUCATION DALAM MENCEGAH KEJAHATAN SEXUAL PADA ANAK DI SDN 5 RANCAIRUNG. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 19–22. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i1.238

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.