MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH SUKOHARJO 3 BARAT KABUPATEN PRINGSEWU

Authors

  • Ika pratika sari Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i3.726

Keywords:

Hasil belajar, proyektor, dan IPA

Abstract

Berdasarkan dokumen nilai siswa kelas V MI Islamiyah Sukoharjo 3 Barat, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih sangat rendah, dari 14 siswa hanya 35% siswa yang mendapat nilai lebih dari KKM dan ada 65% siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V semester genap MI Islamiyah Sukoharjo 3 Barat kecamatan Sukoharjo kabupaten Pringsewu tahun pelajaran 2022/2023?”. Tujuan perbaikan pembelajaran dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V semester ganjil MI Islamiyah Sukoharjo 3 Barat tahun pelajaran 2022/2023.

Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan empat tahap kegiatan, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Analisis data hasil belajar yaitu berupa skor yang diperoleh siswa dari tes yang diberikan setiap siklusnya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan memperhatikan KKM yang telah ditentukan yaitu KKM ≥ 66. Dengan demikian, jika hasil belajar siswa di kelas peneliti telah mencapai KKM, maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I terdapat peningkatan hasil belajar yang semula ketuntasan 35% menjadi 69%. Pada siklus II, hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia menggunakan model pembelajaran picture and picture menunjukkan peningkatan menjadi 100%. Hal ini berarti bahwa pembelajaran materi tersebut telah tuntas.

References

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya : Pustaka Pelajar Aksara.

Arends, Richard I. (2013). Belajar Untuk Mengajar, Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.

Arikunto, S; Suhardjono; Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Asyari, Muslichah. (2006). Penerapan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sains di SD. Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Bundu, Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jakarta : Depdiknas.

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Istarani, (2011). Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran) . Medan : Media Persada.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks. Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Usman. (2005). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tim-FKIP UT. (2020). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Ika pratika sari. (2022). MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH SUKOHARJO 3 BARAT KABUPATEN PRINGSEWU. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 195–205. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i3.726

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.