PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Nurlaila Nurlaila UIN Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Nurfarida Deliani UIN Imam Bonjol Padang
  • Juliana Batubara UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i3.3029

Keywords:

Penerapan, Reward dan Punishment, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ilah agar dapat mengetahui informasi bagaimana penerapan reward dan punishment dalam meningkatkan hasil belajar siswa, bagaimana meningkatkan motivasi belajar dengan penerapan reward dan punishment serta faktor apa saja yang menghambat dan mendukung reward dan punishment, dalam penelitian ini dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara. Hasil penelitian ini adalah bebagai reword dan punistmen yang digunakan guru agar meningkatkan motivasi belajar siswa, serta apa saja faktor penghambat dan pendukung dari penerapan reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 10 Tarung-Tarung Utara.

References

Dewi, Windi Puspita. 2021. “Strategi Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri 1 Ponorogo Pada Masa Pandemi COVID-19.” PhD Thesis, IAIN PONOROGO. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14470.

Handayani, Nurlaila. 2022. “Penerapan Metode Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 96 Jakarta.” http://repository.iiq.ac.id/handle/123456789/3159.

Nugroho, Lingga Ady, Ika Candra Sayekti, and Rita Eryani. 2021. “Peranan Reward Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tema 9 Kayanya Negeriku Di Kelas IV SD Negeri Pungsari 1 Kecamatan Plupuh.” Educatif Journal of Education Research 3 (4): 30–36.

Prasetyo, Hendrik Eko. 2015. “Hubungan Persepsi Penerapan Metode TGT, Teknik Reward and Punishment Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN I Ngrejo Tulungagung.” Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 7 (2): 119–29.

Rizkita, Karine, and Bagus Rachmad Saputra. 2020. “Bentuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Dengan Penerapan Reward Dan Punishment.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 20 (2): 69–73.

Rustam, Wanti, and Amalia Rizki Pautina. 2021. “Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.” EDUCATOR: Directory of Elementary Education Journal 2 (2): 198–219.

Sarah, Dinda May, Annisa Indah Vika Vika, Nurkhadizah Hasibuan, Mayang Sari Sipahutar, and Febri Elsa Manora Simamora. 2022. “Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2 (01): 210–19.

Sholehah, Kuni Mar’atus. 2021. “Urgensi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Memotivasi Belajar Anak Usia Dini.” PhD Thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. https://repository.uin-suska.ac.id/37884/.

Suswandari, Meidawati. 2021. “Peran Guru Dalam Menstimulus Respon Anak Melalui Teori Belajar Behavioristik.” Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development 1 (1): 47–55.

Ummya, Faizatul. 2023. “Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal As-Said 3 (1): 62–70.

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Nurlaila Nurlaila, Nurfarida Deliani, & Juliana Batubara. (2023). PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 104–114. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i3.3029

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.