PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING DI SD NEGERI 40 PRABUMULIH

Authors

  • Milga Rani Milga Rani
  • Imron Rosidi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i3.724

Keywords:

Student Learning Outcomes, Jingling Buttons, Science Learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang dan tidak berminatnya anak-anak dalam proses pembelajaran IPA dan rata-rata nilai semester IPA yang sangat rendah. Maka penulis melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkah hasil belajar siswa dalam mempelajari pelajaran IPA materi suhu dan kalor di SD negeri 40 Prabumulih. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing, yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 18 orang siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam mempelajari pelajaran IPA materi suhu dan kalor ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kegiatan perbaikan pembelajaran dilakukan.  

References

Afrilia, Diliza (2021). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ekonomi politik di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol 21(2). doi 0.33087/jiubj.v21i2.1535.

Anitah, W. Sri dkk. (2021). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fiona, Firda dkk (2019). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 7, No. 3.

Huda, Fatkhan Amirul. (2017). Pengertian dan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tekhnik kancing gemerincing. Diakses tanggal 20 Oktober 2022, Dari https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-pembelajaran-Kooperatif-teknik-kancing-gemerincing/

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Laerning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indriyani, Sofi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Bertukar Pasangan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD MIN 2 Bandar Lampung. Diakses tanggal 23 Oktober 2022, Dari http://uin-ril.ac.id.

Lie, Anita. 2004. Cooperatif Learning Cetakan Keempat. Jakarta: PT Grasindo.

Mulyana, Aina. (2018). Model Pembelajatan Kooperatif tipe Talking Chips, Diakses pada 11 Oktober 2022, dari https://ainamulyana.blogspot.com/2011/11/model-pembelajaran-kooperatif-tife.html?m=1

Sapriati, Amalia dkk. (2022). Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sucipta, I Komang dkk (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kancing Gemerincing Terhadap hasil belajar IPA kelas V. Jurnal Mimbar, Vol 23 No. 3.

Sugianto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA yang efektif dan menyenangkan. Diakses pada 23 Oktober2022,dari http://Journal.lainkudus.ac.id/index,php/elementary/artide/view/1969

Wardani, IG.A.K dkk. (2021). Penelitian Tindakan kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Milga Rani, & Imron Rosidi. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING DI SD NEGERI 40 PRABUMULIH. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 214–219. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i3.724

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.