UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER JUJUR DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA

Authors

  • Juwi Chahnia UIN Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati UIN Imam Bonjol Padang
  • Rizki Amelia UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i3.3095

Keywords:

Upaya Guru PAI, Karakter Jujur, Karakter Tanggung Jawab

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah-masalah karakter pada siswa yaitu siswa yang sering bolos, alfa, tidak mengerjakan tugas, bermain-main saat jam pelajaran berlangsung, mencontoh saat ujian dan mengerjakan tugas, berbohong ketika ditanyai informasi oleh guru dan melanggar aturan sekolah lainnya ini, merupakan masalah yang terjadi pada karakter siswa yaitu pada karakter siswa yaitu pada karakter jujur dan tanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI dalam pembentukan karakter jujur dan tanggung jawab pada siswa, sekaligus juga mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam membentuk karakter ini. Adapun jenis penelitian ini yaitu menggunakan metode field and research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data, teknik penyajian data dan teknik pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu upaya yang dilakukan guru PAI dalam pembentukan karakter jujur dan tanggung jawab yaitu dengan cara memberikan perhatian dan motivasi kepada siswa tentang pentingnya pembiasaan berprilaku jujur dan bertanggung jawab, metode keteladanan,menerapkan metode reward dan punishment,mengimplementasikan pembelajaran PAI dalam mewujudkan pembentukan karakter jujur dan tanggung jawab,meningkatkan kerja sama antara guru dan orang tua. Adapun kendala-kendala yang dihadapi yaitufaktor lingkungan, termasuk lingkungan keluarga ataupun lingkungan teman sebaya, kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya membiasan sikap jujur dan bertanggung jawab, dan guru kurang memperhatikan perkembangan karakter siswa

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Ardila, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Pembelajarannya di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Astari, N. (2022). Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di SMP Negeri 1 Ploso Jombang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1230–1240.

Fahira, V., Satria, R., & Priadi, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran. An-Nuha, 1(4), 448–460.

Halimah, L., Fajar, A., & Hidayah, Y. (2021). Pendidikan anti korupsi melalui mata kuliah Pancasila: Tingkatan dalam memahami kejujuran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1–14.

Haniyyah, Z. (2021). Peran guru pai dalam pembentukan karakter islami siswa di SMPN 03 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 75–86.

Imamah, Y. H., Pujianti, E., & Apriansyah, D. (2021). Kontribusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Mubtadiin, 7(02).

Jai, A. J., Rochman, C., & Nurmila, N. (2019). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur pada siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257–264.

Julaiha, S. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239.

Khoiruddin, M. A., & Sholekah, D. D. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(1), 123–144.

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179.

Novitasari, A. (2019). Pemberian reward and punishment dalam membentuk karakter disiplin anak pada sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27–33.

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 2 depok sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Pratiwi, N. D. (2021). Peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter jujur pada anak. Tunas Nusantara, 3(1), 324–335.

Setiawan, F., & Martati, B. (2022). Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2), 174–183.

Setyani, D., Sari, N. K., & Sutrisno, T. (2021). Problematika Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Selama Home Visit Siswa Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3).

Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2017). Pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa sekolah dasar pada kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38.

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Chahnia, J., Kustati, M., & Amelia, R. (2023). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER JUJUR DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 128–141. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i3.3095

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.