MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VI SDK 119 LIKOT

Authors

  • Simporosa Soge SDK 119 Likot, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i1.116

Keywords:

Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Matematika, Volume Kerucut

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan  kenyataan  bahwa rendahnya hasil ulangan  siswa kelas VI di SDK 119 Likot Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggata Timur dalam pembelajaran matematika materi volume kerucut disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa memahami konsep dasar penurunan rumus volume kerucut terhadap materi yang telah disampaikan. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi disebabkan metode pembelajaran yang hanya berfokus pada guru yaitu menjelaskan, mencatat rumus, menugaskan menghapal rumus, dan latihan sehingga terlalu monoton dan bahkan tidak sesuai dengan materi. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian tindakan kelas ini adalah berupa data skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran, data skor berupa kemampuan guru melaksanakan pembelajaran,dan data  nilai hasil belajar siswa pada materi volume kerucut. Hasil penelitian tentang kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran pada siklus I dan  siklus II mengalami peningkatan sebesar 0,8, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran 0,85, dan hasil belajar siswa sebesar 8,32.

References

Arikunto, Suharsimi.,dkk. (2009) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Basuki Wibawa. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar Depdiknas.

BSNP, (2006). Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta Dasar

Endyah Murniati, (2008). Kesiapan Belajar Matematika di Sekolah. Surabaya: SIC.

Misbakhul., (2008). Sains. http://organisasi.org. Diakses, Tanggal 9 November 2013 http://jalius12.wordpress.com/2009/10/06/model penemuan terbimbing. diakses tanggal 9 Novemember 2013

http://sumbercopas.blogspot.com/2012/12/pengertian-metode-pembelajarandan.htm diakses tanggal 9 November 2013

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Simporosa Soge. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VI SDK 119 LIKOT. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i1.116

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.