PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Erwin Simon Paulus Olak Wuwur

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417

Keywords:

Problematika, Implementasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurikulum Merdeka adalah konsep kurikulum yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2021. Konsep ini memberikan kebebasan bagi sekolah untuk menentukan materi pembelajaran yang akan disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan siswa serta konteks lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi atau langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar dan memastikan bahwa tujuan Kurikulum Merdeka dapat tercapai dengan baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru-guru menghadapi tantangan dan kendala yang signifikan dalam mengimplemntasikan Kurikulum Merdeka dalam tahap perencanaan, pelaksanaan di dalam kelas dan evaluasi. Kendala-kendala tersebut antara lain terkait dengan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengaplikasikan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, kondisi lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia yang tersedia. Namun adanya upaya untuk menghadapi kendala-kendala tersebut yaitu, pelatihan dan pengembangan kompetensi guru dan staf pendidikan, peningkatan dukungan dari orang tua dan masyarakat, peningkatan fasilitas dan sarana prasarana, peningkatan pengawasan dan monitoring, pengembangan kerjasama antar stakeholder pendidikan, dan dorongan untuk mengikuti program guru penggerak.

References

Aprima, Desy, and Sasmita Sari. 2022. "Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD." Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 95-101.

Barlian, Ujang Cepi, Siti Solekah, and Puji Rahayu. 2022. "Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan." JOEL : Journal of Educational and Language Research 1: 2105-2118.

Firdaus, Heroza, Azkya Milfa Laensadi, Gupo Matvayodha, Fitri Nauli Siagian, and Ika Aryastuti Hasanah. 2022. "Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka." Jurnal Pendidikan dan Konseling 686-692.

Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Samsul Arifin. 2022. "Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa." Edumaspul : Jurnal Pendidikan 1224-1238.

Jannati, Putri, Faisal Arief Ramadhan, and Muhamad Agung Rohimawan. 2023. "Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka." Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 330-345.

Miladiah, Sofa Sari, Nendi Sugandi, and Rita Sulastini. 2023. "Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung." Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) 9: 312-318.

Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputra, Dendi Wijaya, and Muhamad Sofian Hadi. 2022. "Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka." HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD 6: 28-33.

Setiawati, Fenty. 2022. "The Impact of Curriculum Change Policy on Learning Activities at School." Nizamul ‘Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) 1-17.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sunarni, and Hari Karyono. 2023. "Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar." Journal on Education 1613-1620.

Wuwur, Erwin Simon Paulus Olak, Uung Gundo Saputro, Linda Puspita, Shirly Rizki Kusumaningrum, and Radeni Sukma Indra Dewi. 2022. "Analisi Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013." JIIP : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5: 4672-4676.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Simon Paulus Olak Wuwur, E. (2023). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.