PENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA PUZZLE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK WIHDATUL UMMAH KECAMATAN DONGGO KABUPATEN BIMA
DOI:
https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i2.144Keywords:
Peningkatkan, Mengenal Angka, Media Puzzle.Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kenyataan bahwa rendahnya pengetahuan dan pengenalan angka pada anak usia 506 tahun di TK Wihdatul Ummah Kecamatan Donggo Kabupaten Bima dalam pembelajaran menghitung, disebabkan kurangnya pemahaman anak dalam mengenal angka. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian tindakan kelas adalah berupa skor kemampuan guru dan anak dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian pada indikator mengenal angka melalui bermain puzzle dari 13 peserta didik yang di teliti terdapat 2 anak kategori berkembang Sangat Baik (BSB) mampu mengenal angka dari 20 angka yang diperlihatkan anak mampu mengenal 1 sampai 20 angka dengan benar. Pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 2 anak yang bisa mengenal angka 1 sampai 10 dan masih butuh bimbingan guru, pada kategori Mulai Berkembangan (MB) ada 2 anak karena bisa mengenal angka 1 sampai 5 angka dan masih butuh bimbingan guru, dan 7 berada pada kategori Belum Berkembang (BB) anak tidak mampu mengenal angka yang telah diperlihatkan. Pada indikator dari 13 anak didik yang di teliti terhadap 4 anak kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) yakni anak didik mampu menghitung dan mengenali angka, dilihat dari 20 angka yang diperlihatkan anak mampu menghitung 1 sampai 20 angka dengan benar. Pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 3 anak bisa menghitung 1 sampai 10 angka dan masih butuh bimbingan guru, kategori Mulai Berkembang (MB) ada 2 anak karena hanya bisa menghitung 1 sampai 5 angka dan masih butuh bimbingan guru dan 5 berada pada kategori Belum Berkembang.