POLA INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT PENDATANG DENGAN MASYARAKAT LOKAL (STUDI KASUS DI KELURAHAN MANGASA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR)

Authors

  • Hermansyah IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Muhammad Aqil IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i2.830

Keywords:

Pola Interaksi Sosial, Masyarakat Pendatang, Masyarakat Lokal.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi sosial masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal, juga untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat terjadinya interaksi sosial masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau arah kuantifikasi lainnya. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder dan penentuan informan dilakukan secara purposive sampling. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif yang ditekankan pada metode analisis kualitatif.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses interaksi sosial masyarakat pendatang dengan masyarakat lokal, tidak selalu berjalan dengan semestinya. Hal tersebut diakibatkan karena adanya perbedaan bahasa, kultur sosial budaya masyarakat. Pola interaksi sosial telah terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama bersifat mencair, proses ini tentunya terjadi secara cepat melalui proses adaptasi, sehingga interaksi sosial yang telah terjadi dapat diterima oleh masing-masing masyarakat.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Hermansyah, & Muhammad Aqil. (2022). POLA INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT PENDATANG DENGAN MASYARAKAT LOKAL (STUDI KASUS DI KELURAHAN MANGASA KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR). SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 177–185. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i2.830

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.