Menganalisis Penerapan Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Negeri 3 Tambun

Authors

  • Hamna Hamna Universitas Madako Tolitoli
  • Muh.khaerul Ummah BK [email protected]
  • Muliyani Muliyani Universitas Madako Tolitoli
  • Sri Wulandari Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v4i1.3576

Keywords:

Analisis, kurikulum 2013, kurikulum merdeka

Abstract

Pelajaran adalah sesuatu yang wajib di dapatkan setiap mahluk sosial di dunia ini. Melalui edukasi seseorang dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Dibidang pendidikan terdapat sesuatu perlengkapan mengajar khusus disediakan pada jenjang pelajaran dalam bentuk silabus. Survei tersebut juga bermaksud mencari tahu penyusunan program silabus yang terdapat di SDN 3 Tambun dan bagaimana penerapan pembelajaran baik K-13 ataupun program belajar sekarang ini yang di terapkan di kelas 1 dan 4 SDN 3 Tambun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencaan kurikulum merdeka  di SDN 3 Tambun  belum berjalan dengan baik. Pembeda baik K-13 dan program belajar yang sekarang ini mencakup hal yang berbeda di suatu proses belajar mengajar, dokumentasi, perencanaan  penyiapan belajar, penilainan proses belajar, serta jam lokal . Metode yang di gunakan dalam melakukan review yakni teknik kualitatif dan memakai metode wawancara, dokumentasi, dan pengambilan data. Sekarang ini K-13 telah berubah jadi silabus khusus yang diimplementasikan pada sekolah tetapi, terdapat juga dirancang di KEMENDIKBUD yang baik buat di terapkan.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Hamna, H., Muh.khaerul Ummah BK, Muliyani, M., & Sri Wulandari. (2024). Menganalisis Penerapan Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Negeri 3 Tambun. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 26–38. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v4i1.3576

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.