PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PENERAPAN SUPERVISI KLINIS BERKELANJUTAN PADA MIS GUPPI AL KHAERAT SIMBANG

Authors

  • Haedar Haedar MIS GUPPI Al Khaerat Simbang

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i2.1310

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Supervisi Klinis Berkelanjutan

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, ditemukan bahwa kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran masih kurang, guru hanya memperhatikan aspek kognitif saja, guru sebagai central pembelajaran sehingga siswa pasif dan kurang bersemangat dalam belajar, penilaian dan evaluasi yang dilakukan masih kurang. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti sebagai kepala madrasah melakukan suatu penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan keefektifan supervisi klinis berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada MIS GUPPI Al Khaerat Simbang Kec. Tombolopao Kab. Gowa Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan kompetensi pedagogik guru terhadap daya serap kelompok pada siklus I, II, dan III sebesar 69,86%; 76,32%; dan 86,60%. Sedangkan peningkatan kompetensi pedagogik guru terhadap ketuntasan kelompok pada siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 37,50%; 62,50%; dan 100,00%. Dan peningkatan kompetensi pedagogik guru terhadap daya serap individu pada siklus I, II, dan III masing-masing sebanyak 3, 5, dan 8 guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui penerapan supervisi klinis berkelanjutan memiliki efektivitas dan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendiknas. 2010. Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru, Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta: Kemendiknas, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Nur, Anisa Alfia. 2014. Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2 (1): 65-72.

Pahrudin. 2015. Peningkatan Kinerja dan Pengembangan Profesionalitas Guru Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Tanggal 07 November 2015.

Sagala, Syaiful. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saryati. 2014. Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2 (1): 669-681.

Sormin, Darliana. 2016. Kompetensi Guru dalam Melaksanakan dan Mengelola Proses Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Desa Sialogo Tapanuli Selatan. Jurnal Fitrah, 2 (1): 117-130.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Haedar Haedar. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PENERAPAN SUPERVISI KLINIS BERKELANJUTAN PADA MIS GUPPI AL KHAERAT SIMBANG. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 186–199. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i2.1310