PENGGUNAAN MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Muhammad Rizky Mazaly Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i1.296

Keywords:

multimedia, macromedia flash, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan penggunaan multimedia macromedia flash.

Rancangan penelitiain ini adalah quasi experiment design dengan pre-test-posttest non equlivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas yakni 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Metode pemilihan subjek penelitian yang dipakai adalah setelah mengetahui homogenitas setiap kelas, jika ada 2 kelas yang homogen maka langsung dijadikan sampelnya. Namun jika lebih dari 2 kelas maka dilakukan teknik random sampling. Terdapat 2 kelas yang dijadikan subjek penelitian yakni kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yakni pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) setelah diberi perlakuan (treatment). Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah teknik uji t.

Hasil penelitian menyatakan bahwa ; (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika setelah diterapkannya pembelajaran multimedia macromedia flash. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil belajar siswa yang diperoleh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia macromedia flash lebih tinggi  dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini juga dilihat berdasarkan hasil uji t data hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa t hitung yakni sebesar 3,021 lebih dari t tabel sebesar 2,042. Selain itu rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan multimedia macromedia flash sebesar 77,19 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 67,19 dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2021-04-11

How to Cite

Muhammad Rizky Mazaly. (2021). PENGGUNAAN MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA . SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 35–41. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i1.296

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.